Kompas.com - 17/06/2015, 13:44 WIB
Stiker Uber di jendela belakang salah satu mobil sewaan oik yusuf/ kompas.comStiker Uber di jendela belakang salah satu mobil sewaan
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Uber semakin serius memperkuat fitur peta pada layanannya. Startup transportasi yang tengah naik daun tersebut merangkul mantan kepala Google Maps Brian McClendon.

Lebih dari 10 tahun bekerja untuk Google, kemampuan McClendon tak diragukan lagi. McClendon juga merupakan pegawai Google yang "langka".

Langka di sini karena McClendon adalah satu dari sedikit pekerja Google yang masuk lewat akuisisi perusahaan dan bertahan hingga bertahun-tahun. Ia mulai bekerja sejak 2004 setelah Google mengakuisisi perusahaan peta digital Keyhole. Saat ini, Keyhole menjadi Google Earth.

McClendon diberi posisi strategis untuk mengawasi produk geo Google, meliputi Maps, Earth, dan Street View. Sangat jarang pekerja Google dipercayakan memimpin produk portofolio jika dia bukan SVP atau bagian dari lingkaran CEO Larry Page.

Menurut McClendon, Google memberikan banyak pengalaman bagi dirinya. Namun ia percaya keterlibatannya di Uber akan mengubah hajat hidup orang banyak.

"Tak banyak tempat yang menawarkan kesempatan besar seperti Google. Tapi saya percaya Uber memiliki masa depan gemilang seiring dengan visinya untuk meningkatkan kualitas hidup manusia,'' kata McClendon.

Pria ini bakal memimpin pusat teknologi Uber yang bermarkas di Pittsburgh, AS. Walau begitu, McClendon akan tetap berkantor di kantor pusat Uber di San Fransisco. Dia akan bolak-balik secara rutin ke Pittsburgh dan melaporkan hasil kerjanya langsung ke Chief Product Officer (CFO) Uber Jeff Holden.

"Kami senang Brian bergabung dengan tim Uber. Sejak awal ia memimpin pengembangan Google Earth dan Google Maps yang merupakan produk kelas dunia. Dia benar-benar insinyur dan pengusaha bertalenta," kata Holden pada Recode dan dikutip KompasTekno, Rabu (17/6/2015).



Sumber Recode
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X