Anak Bandung Wakili Indonesia di Imagine Cup 2015

Kompas.com - 17/06/2015, 16:07 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Final kompetisi teknologi informasi tahunan untuk pelajar Microsoft Imagine Cup 2015 akan segera digelar di Seattle, AS, pada 29-31 Juli mendatang.

Tahun ini, keikutsertaan Indonesia diwakili oleh tim Alix dari Bandung dengan produk berupa aplikasi "Solidare" untuk membantu anak yatim dan tidak mampu agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

Didukung Yayasan Rumah Zakat dan Rumah Matahari. Solidare menyediakan data anak-anak yang membutuhkan uluran tangan sehingga donatur dapat mengetahui ke mana harus menyalurkan bantuan.

Menurut keterangan tertulis yang diterima Kompas Tekno, Rabu (17/6/2015), di Imagine Cup 2015, Solidare berkompetisi dalam kategori "world citizenship" bersama dengan 11 produk lain.

Total terdapat tiga kategori yang dilombakan. Dua lainya adalah Innovatioin dan Games dengan jumlah finalis mencapai 33 tim dari seluruh dunia.

Para finalis berkesempatan memenangkan hadiah uang sebesar 50.000 dolalr AS ditambah bimbingan dalam bootcamp berbasis pengalaman yang dirancang untuk mengembangkan proyek pemenang kompetisi.

Tim Alix sebelumnya telah berhasil menjuarai kompetisi Microsoft Imagine Cup 2015 tingkat nasional di Indonesia dan tim-tim dari negara lain di babak semifinal.

Nama Indonesia pernah berkibar di Imagine Cup 2013, saat Tim Solite Studio dari Universitas Trunojoyo, Madura, berhasil menjadi runner-up kompetisi Imagine Cup 2013 di St. Petersburg, Rusia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.