Xperia Z3 Plus Kepanasan Gara-gara Snapdragon, Ini Kata Sony

Kompas.com - 18/06/2015, 11:11 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Dituding kerap panas berlebihan, Xperia Z3+ diakui Sony memang mengalami masalah panas berlebih (overheat). Penyebabnya tak lain merupakan chip Snapdragon 810 yang tertanam di ponsel andalan baru dari Sony tersebut.

Pabrikan elektronik asal Jepang itu pun berjanji bakal merilis update firmware untuk mengatasi persoalan panas pada Xperia Z3+, sekitar pertengahan tahun ini.

Sebagaimana dirangkum Kompas Tekno dari The Inquirer, Rabu (17/6/2015), selagi menunggu update, Sony menyarankan para pemilik Xperia Z3+ untuk mematikan perangkatnya beberapa kali dalam sehari agar tak "kegerahan".

Sebelumnya, sejumlah pengguna mengeluhkan temperatur tinggi yang dirasakan pada bagian belakang Xperia Z3+. Overheating tersebut cukup mengganggu pemakaian sehari-hari karena bisa menyebabkan aplikasi seperti kamera mengalami crash.

Prosesor Snapdragon 810 diduga memang menghasilkan panas yang sangat tinggi sehingga dihindari oleh sejumlah pabrikan ponsel, misalnya Samsung yang memilih chip Exynos bikinan sendiri untuk dipakai pada Galaxy S6.

LG pun lebih memilih Snapdragon 808 yang lebih adem untuk dipakai pada ponsel andalan G4 besutannya sehingga mencuatkan spekulasi lebih jauh soal masalah overheating pada Snapdragon 810.

Xperia Z3+ sendiri merupakan flagship terkini dari Sony yang lebih dulu dirilis di Jepang dengan nama Xperia Z4.  perangkat itu berganti nama menjadi Xperia Z3+ ketika diluncurkan untuk pasar global pada akhir Mei lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.