Ponsel Nexus "Android M" Dibuat Huawei?

Kompas.com - 18/06/2015, 16:33 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Pabrikan gadget Tiongkok, Huawei, dikabarkan bakal menangani pembuatan smartphone Google Nexus seri berikutnya. Penerus Nexus 6 itu disinyalir akan menjalankan sistem operasi Android M terbaru.

Pernyataan sumber internal yang dirangkum Kompas Tekno dari The Inquirer, Kamis (18/6/2015) menyebutkan bahwa perangkat yang bersangkutan dijadwalkan mulai meluncur ke pasaran menjelang akhir tahun ini.

Juru bicara resmi Huawei sendiri menyatakan tidak bisa mengkonfirmasi apakah pihaknya akan bekerjasama dengan Google dalam proyek Nexus berikutnya atau tidak.

Rumor-rumor yang beredar sebelumnya menyebutkan bahwa smartphone Nexus generasi ke-7 ini bakal berupa perangkat flagship yang dibekali aneka komponen canggih.

Layarnya diprediksi merupakan tipe OLED buatan Samsung, dengan ukuran mencapai 5,7 inci dan resolusi quad-HD (2560x1440).

DI dalamnya tertanam prosesor Snapdragon 810 dari Qualcomm yang belakangan diketahui menyebabkan masalah overheating pada Xperia Z3+. Belum diketahui solusi pendinginan apa yang bakal diterapkan Huawei untuk meredam suhu pada chip tersebut.

Tak ketinggalan, ponsel Nexus generasi ke-7 pun disebut bakal turut dilengkapi dengan port USB -C baru, pemindai sidik jari, dan Android Pay yang semuanya didukung oleh OS Android M.

Google memang "menggilir" proyek pembuatan smartphone dan tavlet seri Nexus di antara para rekanannya yang memproduksi perangkat Android. Dua smartphone Nexus 5 dan Nexus 6 terakhir, misalnya, masing-masing dibuat oleh LG dan Motorola.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.