Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap ke 4G, Smartfren Tak Akan Matikan CDMA

Kompas.com - 19/06/2015, 10:12 WIB
Deliusno

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Operator seluler Smartfren terus melakukan persiapan jaringan 4G LTE. Diharapkan, dalam semester 2015 ini juga, jaringan tersebut sudah siap untuk digunakan secara komersil.

Selama ini, anak usaha Sinar Mas itu dikenal sebagai operator CDMA. Smartfren menggelar jaringan EVDO Rev B yang memiliki kecepatan jaringan setara dengan 3G.

Pertanyaan besarnya, setelah merilis 4G LTE, bagaimana nasib pelanggan CDMA Smartfren? Apakah tetap ada? Atau malah dimatikan?

Menurut Munir Syahda Prabowo, VP Network Smartfren Telecom, Smartfren nantinya akan tetap mempertahankan dan terus menjaga jaringan CDMA miliknya.

"CDMA kita akan tetap bertahan dan maintain hingga selesai," ujar Munir.

Hingga saat ini, pelanggan Smartfren bisa dikatakan cukup banyak, yakni lebih dari 12 juta. Itu artinya, ada 12 juta pelanggan yang menggunakan jaringan CDMA milik Smartfren.

Smartfren sendiri mengklaim baru akan berhenti menggelar jaringan CDMA apabila sudah tidak ada lagi pelanggan yang menggunakan jaringan tersebut.

"Kita akan selesai menggelar CDMA apabila jaringan itu sudah tidak dibutuhkan pelanggan," kata Munir.

Lebih lanjut, Munir menyatakan bahwa Smartfren tidak akan memaksa pelanggannya untuk langsung berpindah ke jaringan 4G LTE.

Ia cukup yakin bahwa pelanggan akan memutuskan pindah dengan sendirinya setelah melihat betapa kencang dan bagusnya jaringan 4G.

Munir juga meyakinkan bahwa pindah ke jaringan 4G LTE Smartfren akan sangat mudah. Pasalnya, Smartfren sudah menyiapkan lima handset 4G LTE untuk dipilih. Uniknya, kelima perangkat tersebut sudah mendukung jaringan CDMA, GSM, dan 4G sekaligus.

Smartfren pun sudah menyiapkan kartu khusus 4G untuk para pelanggannya.

"Ketika pelanggan ingin berpindah, tinggal ganti RUIM saja setelah 4G kami mulai beroperasi," pungkas Munir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com