Kompas.com - 19/06/2015, 11:03 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
DENPASAR, KOMPAS.com - Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, trafik jaringan telekomunikasi selama masa Ramadhan dan Lebaran akan meningkat. Untuk menghadapi tantangan itu, operator seluler CDMA sudah melakukan berbagai persiapan.

Anak usaha Sinar Mas ini melakukan berbagai persiapan, salah satunya adalah dengan meningkatkan kualitas atau optimalisasi jaringan.

Terkait peningkatan kualitas jaringan, Smartfren mengoptimalkan infrastruktur pada titik-titik lokasi yang diperkirakan akan ramai dikunjungi. Kapasitas jaringan ditingkatkan hingga 40 persen, sementara ketersediaan dan reliability jaringan dimaksimalkan hingga level 99,85 persen.

Jumlah kapasitas tersebut jauh lebih tinggi dari dugaan lonjakan trafik selama masa Lebaran. Smartfren memprediksi akan adanya lonjakan antara 6 hingga 8 persen di Pulau Sumatera dan antara 10 hingga 14 persen di Pulau Jawa.

"Itupun tidak di Jakarta. Lonjakan akan terjadi dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga Bali. Pada masa Lebaran, kebanyakan orang mudik ke daerah tersebut, sehingga Jakarta biasanya sepi," kata Munir Syahda Prabowo, VP Network Smartfren Network, di sela-sela acara uji jaringan 4G Smartfren di Bali, Kamis (18/6/2015).

Selain optimalisasi jaringan, Smarfren mengaktifkan tujuh regional office yaitu di Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Malang.

Semua kantor tersebut akan beroperasi penuh setiap hari untuk memantau jaringan milik Smartfren. "Kita siapkan monitoring 24 x 7," ujar Munir.

Kesiapan Smartfren di puncak Lebaran 2015 diperkuat 800 staff yang dilengkapi kendaraan operasional dan siap bergerak ketika terjadi gangguan jarngan.

Perangkat yang dikerahkan nantinya mencakup lebih dari 120 Equipment Management Systems (EMS) yang dioperasikan di semua kantor regional.

Untuk kendali operasional penanganan jaringan, secara keseluruhan ditangani oleh Network Operations Center yang ada di Jakarta dan Surabaya.

Saat ini, Smartfren memiliki lebih dari 12 juta pelanggan di seluruh Indonesia, mulai dari Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi. Saat ini, operator seluler ini masih menggelar jaringan EVDO Rev B (setara 3G).

Smartfren sendiri sudah berencana untuk menghadirkan jaringan 4G LTE di Indonesia. Rencana tersebut dijadwalkan untuk terwujud pada semester kedua tahun 2015 ini juga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.