600 Juta Galaxy Rawan Diretas, Ini Reaksi Samsung

Kompas.com - 19/06/2015, 16:49 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Minggu ini firma keamanan NowSecure mengungkap adanya bug berbahaya pada aplikasi keyboard virtual SwiftKey yang disertakan pada model-model smartphone Samsung Galaxy.

Pihak Samsung menanggapi berita tersebut dengan mengumumkan bakal segera merilis patch untuk mengatasi celah keamanan tersebut dalam beberapa hari ke depan.

Dirangkum Kompas Tekno dari Engadget, Jumat (19/6/2015), Samsung menegaskan bahwa celah keamanan dimaksud sebenarnya tidak terlalu mengancam pengguna. Ini karena penyerang harus berada dalam jaringan yang sama dengan pengguna jika ingin mengeksploitasi bug.

Software Knox yang terpasang di smartphone Galaxy juga menyediakan perlindungan yang mencegah penyerang menjalankan kode berbahaya di ponsel.

Untuk model-model yang belum dibekali Knox, Samsung bakal menyalurkan update firmware. Pengguna disarankan mengaktifkan fitur Automatic Updates di menu "Settings > Lock Screen and Security > Other Security Settings > Security policy updates".

Bug pada aplikasi keyboard SwiftKey di smartphone Galaxy membuka jalan buat penyerang untuk mengambil alih ponsel lewat jalur update software tersebut.

Diperkirakan sebanyak 600 juta perangkat Galaxy terdampak oleh masalah ini, termasuk model-model Galaxy S3, S4, S5, dan Galaxy Note 4.

Pihak SwiftKey menyatakan bahwa celah keamanan hanya terdapat pada aplikasi bikinannya yang disertakan dengan ponsel Galaxy. Aplikasi keyboard SwiftKey yang diunduh secara terpisah dari toko Google Play Store tidak terpengaruh.

Samsung sendiri sebenarnya telah diperingatkan mengenai bug ini sejak berbulan-bulan lalu. Namun, raksasa elektronik Korea Selatan tersebut ketika itu hanya menyalurkan perbaikan ke segelintir operator seluler.

NowSecure kemudian memutuskan untuk memngumumkan kelemahan keyboard Samsung dalam sebuah konferensi hacker sehingga memaksa Samsung untuk bertindak. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber ENGADGET


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.