Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seluruh Isi Wikipedia Dibukukan, Dibanderol Rp 6 Miliar

Kompas.com - 22/06/2015, 10:57 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Wikipedia terkenal sebagai sebuah ensiklopedia online terbesar yang diperbarui jutaan orang di seluruh dunia. Kini, ensiklopedia crowdsourcing itu bakal dirilis dalam versi cetak.

Seperti dilansir KompasTekno dari Venture Beat, Jumat (19/6/2015), dalam bentuk buku ensiklopedia, Wikipedia bakal dicetak menjadi 7.471 edisi yang masing-masing memiliki 700 halaman. Bila ditotal, ensiklopedia tersebut mencapai 5.244.111 halaman.

Volume buku dan halaman sebanyak itu tentu tidak akan murah ketika dijual ke publik. Ya, mereka pun membanderol ribuan edisi itu seharga 500.000 dollar AS atau sekitar Rp 6,6 miliar.

Pilihan lainnya, kamu juga bisa membeli Wikipedia per satu volume dengan harga 80 dollar AS atau sekitar Rp 1 juta.

Mencetak sebuah ensiklopedia online yang selalu diperbarui seperti ini bisa dikatakan sia-sia. Pasalnya setelah satu volume dicetak, bisa jadi sudah ada tambahan data baru dan hasil cetaknya langsung kadaluarsa.

Namun Michael Mandiberg, pria yang menggagas pencetakan ini, tampaknya tidak melakukan ini sebagai inisiatif bisnis. "Print Wikipedia" adalah bagian dari sebuah instalasi seni yang ditampilkannya dalam pameran From Aaaaa! to ZZZap! di Denny Gallery, New York.

Seniman sekaligus programmer itu membuat software yang dapat memilah database Wikipedia menjadi bagian-bagian kecil lalu mengunggahnya ke layanan print on demand. Dia juga bekerja sama dengan Lulu.com sebagai platform penerbitannya dan dengan dukungan dari Wikimedia Foundation.

Dalam pameran yang dibuka dari 18 Juni 2015 itu, pengunjung bisa melihat proses upload Print Wikipedia ke Lulu.com melalui sebuah proyeksi. Proses upload ini memakan waktu lama, sekitar 11 hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com