Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Kunci" Asus Zenfone 2 Terbuka

Kompas.com - 22/06/2015, 15:28 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Zenfone 2 besutan Asus tak diragukan lagi menjadi smartphone yang populer bagi penggemar Android. Spesifikasi unggul dan harga yang terjangkau menjadi alasannya.

Namun, Zenfone 2 juga dikenal memiliki kendala dari segi software. Asus mengunci "bootloader" Zenfone 2 bagi mereka yang ingin mengoprek Android-nya.

Seperti diketahui, antarmuka ZenUI yang dipasang Asus dalam smartphone-nya terkesan biasa-biasa saja. Selain itu, banyak bloatware (aplikasi bawaan) yang sebenarnya kurang dibutuhkan pengguna. Ini membuat pengguna ingin mempermak Zenfone 2 agar lebih sesuai dengan keinginan mereka.

Kabar gembiranya, kini "bootloader" milik Asus Zenfone 2 sudah bisa di-unlock. Seorang anggota komunitas di forum XDA Developers dengan username "shakalaca" berhasil menemukan cara untuk membuka "bootloader" milik Zenfone 2.

Dikutip KompasTekno, Senin (22/6/2015), untuk membuka "bootloader" tersebut pengguna hanya perlu melakukan proses rooting OS Android mereka, dan tidak perlu berkomunikasi dengan server Asus.

Namun, perlu diingatkan bahwa proses ini sangat berisiko dan hingga saat ini sifatnya tidak reversible, artinya software perangkat tidak bisa dikembalikan ke semula lagi. Selain itu, garansi perangkat tidak akan berlaku lagi alias hangus.

Untuk membuka "bootloader" Zenfone 2, pengguna setidknya harus menjalankan firmware terbaru yaitu versi 2.19.40 yang juga bisa diunduh di situs XDA Developers.

Untuk melakukan unlock "bootloader" Asus Zenfone 2, ikuti panduannya di tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com