Kompas.com - 22/06/2015, 15:28 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Zenfone 2 besutan Asus tak diragukan lagi menjadi smartphone yang populer bagi penggemar Android. Spesifikasi unggul dan harga yang terjangkau menjadi alasannya.

Namun, Zenfone 2 juga dikenal memiliki kendala dari segi software. Asus mengunci "bootloader" Zenfone 2 bagi mereka yang ingin mengoprek Android-nya.

Seperti diketahui, antarmuka ZenUI yang dipasang Asus dalam smartphone-nya terkesan biasa-biasa saja. Selain itu, banyak bloatware (aplikasi bawaan) yang sebenarnya kurang dibutuhkan pengguna. Ini membuat pengguna ingin mempermak Zenfone 2 agar lebih sesuai dengan keinginan mereka.

Kabar gembiranya, kini "bootloader" milik Asus Zenfone 2 sudah bisa di-unlock. Seorang anggota komunitas di forum XDA Developers dengan username "shakalaca" berhasil menemukan cara untuk membuka "bootloader" milik Zenfone 2.

Dikutip KompasTekno, Senin (22/6/2015), untuk membuka "bootloader" tersebut pengguna hanya perlu melakukan proses rooting OS Android mereka, dan tidak perlu berkomunikasi dengan server Asus.

Namun, perlu diingatkan bahwa proses ini sangat berisiko dan hingga saat ini sifatnya tidak reversible, artinya software perangkat tidak bisa dikembalikan ke semula lagi. Selain itu, garansi perangkat tidak akan berlaku lagi alias hangus.

Untuk membuka "bootloader" Zenfone 2, pengguna setidknya harus menjalankan firmware terbaru yaitu versi 2.19.40 yang juga bisa diunduh di situs XDA Developers.

Untuk melakukan unlock "bootloader" Asus Zenfone 2, ikuti panduannya di tautan berikut ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.