APLIKASI

Catat… 5 Alasan Developer Lokal di Indonesia Bisa Sukses!

Kompas.com - 22/06/2015, 16:37 WIB
Peluang kesuksesan bagi developer lokal di Indonesia ditengarai banyak alasan. ShutterstockPeluang kesuksesan bagi developer lokal di Indonesia ditengarai banyak alasan.
|
EditorLatief

KOMPAS.com - Potensi industri internet dan aplikasi di Indonesia melahirkan anak bangsa yang kreatif di bidang teknologi. Di era digital, tangga menuju kesuksesan selalu dikaitkan dengan segala hal berbau teknologi. Salah satu contohnya adalah dengan menjadi developer lokal.

Indonesia dipandang sebagai pasar potensial yang dapat membawa kesuksesan bagi para developer lokal. Hal itu sangat beralasan, karena peluang kesuksesan bagi developer lokal di Indonesia didukung oleh banyak faktor. Di antaranya, sebagai berikut:

Demografi

Setiap tahun pengguna internet terus bertambah seiring meningkatnya pengguna ponsel. Di awal 2015 ini, agensi marketing sosial We Are Social melaporkan bahwa Indonesia memiliki 28 persen pengguna aktif internet dari total populasinya atau sekitar 72,7 juta. Sementara itu, jumlah ponsel yang digunakan saat ini mencapai 308,2 juta.

Sadar atau tidak, peningkatan jumlah pengguna ponsel dan internet mulai dirasakan sejak menjamurnya platform Android di tanah air. Hal ini juga yang menjadi peluang bagi developer lokal untuk memenuhi kebutuhan akan aplikasi lokal para pengguna Android.

Perkembangan industri digital

Indonesia merupakan negara yang potensial dalam pengembangan digital. Berbeda dengan temuan di atas, Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) mendapatkan temuan yang lebih mencengangkan. Jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 88,1 juta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Shutterstock Tren digital yang semakin melekat dengan masyarakat Indonesia menjadikan masa depan bisnis digital terlihat cerah.

Temuan tersebut mendapat komentar dari Director Baidu Indonesia, Bao Jianlei. Baidu sebagai perusahaan pengembang mesin pencari asal Tiongkok menyimpulkan bahwa dengan demografi pengguna internet yang demikian besar, industri digital di Tanah Air memiliki prospek sangat baik.

"Industri digital memiliki cakupan yang sangat luas dan penuh tantangan," ujar Bao.

Tren digital yang semakin melekat dengan masyarakat Indonesia menjadikan masa depan bisnis digital terlihat cerah. Peluang ini tak hanya melahirkan lebih banyak developer lokal, tapi juga memunculkan tren bisnis digital lainnya, seperti start-up dan beragam layanan e-commerce.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.