Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 7 Bakal Minus Tombol "Home"?

Kompas.com - 23/06/2015, 13:47 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Desain iPhone 7 dikabarkan akan sangat berbeda dari yang sudah-sudah. Smartphone buatan Apple tersebut dikatakan akan menghilangkan sebuah komponen yang sudah hadir sejak iPhone generasi pertama. Apakah itu?

Sejak iPhone pertama diluncurkan, Apple tidak pernah menghilangkan tombol fisik Home yang terletak di bawah layar. Nah, berdasarkan rumor yang berkembang dari industri, tombol legendaris tersebut tampaknya bakal ditinggalkan oleh Apple.

Sebagai gantinya, seperti KompasTekno kutip dari Business Insider, Selasa (23/6/2015), Apple dikatakan sedang mengembangkan sebuah jenis chip baru yang dilengkapi sensor pemindai sidik jari dan kemampuan multitouch. Dengan kemampuan tersebut, Apple diharapkan sudah bisa melupakan tombol Home.

Rumor itu sendiri datang dari media DigiTimes. Media tersebut seringkali membagikan informasi yang dikatakan berasal dari dalam industri dalam Taiwan.

Mulai iPhone 5S, Apple memberi sentuhan sedikit berbeda di tombol Home. Tidak hanya bisa untuk membawa pengguna ke layar menu, tombol itu juga berfungsi sebagai sensor pemindai sidik jari.

Jika rumor yang disebarkan oleh Digitimes itu benar, ada kemungkinan Apple Apple mengganti tombol Home fisik dengan tombol virtual.

Apple sudah dirumorkan akan menghilangkan tombol Home sejak 2011 silam. Pada tahun 2014, Apple telah mendaftarkan paten yang memindahkan tombol pemindai sidik jari dari tombol Home ke bawah layar.

Apple sendiri dikabarkan bakal merilis dua seri iPhone di tahun ini, yakni iPhone 6S dan iPhone 6C. Jika rumor tersebut benar, penghilangan tombol tersebut dikatakan tidak akan terjadi di dua seri iPhone tersebut. Baru di iPhone 7, Apple dikabarkan akan melaksanakan rencananya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com