iPhone 7 Bakal Minus Tombol "Home"?

Kompas.com - 23/06/2015, 13:47 WIB
Tombol Home di iPhone 5S dilengkapi sensor sidik jari. Tombol itu juga dilapisi kristal safir agar tidak mudah tergores. (TheVerge)Tombol Home di iPhone 5S dilengkapi sensor sidik jari. Tombol itu juga dilapisi kristal safir agar tidak mudah tergores.
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Desain iPhone 7 dikabarkan akan sangat berbeda dari yang sudah-sudah. Smartphone buatan Apple tersebut dikatakan akan menghilangkan sebuah komponen yang sudah hadir sejak iPhone generasi pertama. Apakah itu?

Sejak iPhone pertama diluncurkan, Apple tidak pernah menghilangkan tombol fisik Home yang terletak di bawah layar. Nah, berdasarkan rumor yang berkembang dari industri, tombol legendaris tersebut tampaknya bakal ditinggalkan oleh Apple.

Sebagai gantinya, seperti KompasTekno kutip dari Business Insider, Selasa (23/6/2015), Apple dikatakan sedang mengembangkan sebuah jenis chip baru yang dilengkapi sensor pemindai sidik jari dan kemampuan multitouch. Dengan kemampuan tersebut, Apple diharapkan sudah bisa melupakan tombol Home.

Rumor itu sendiri datang dari media DigiTimes. Media tersebut seringkali membagikan informasi yang dikatakan berasal dari dalam industri dalam Taiwan.

Mulai iPhone 5S, Apple memberi sentuhan sedikit berbeda di tombol Home. Tidak hanya bisa untuk membawa pengguna ke layar menu, tombol itu juga berfungsi sebagai sensor pemindai sidik jari.

Jika rumor yang disebarkan oleh Digitimes itu benar, ada kemungkinan Apple Apple mengganti tombol Home fisik dengan tombol virtual.

Apple sudah dirumorkan akan menghilangkan tombol Home sejak 2011 silam. Pada tahun 2014, Apple telah mendaftarkan paten yang memindahkan tombol pemindai sidik jari dari tombol Home ke bawah layar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apple sendiri dikabarkan bakal merilis dua seri iPhone di tahun ini, yakni iPhone 6S dan iPhone 6C. Jika rumor tersebut benar, penghilangan tombol tersebut dikatakan tidak akan terjadi di dua seri iPhone tersebut. Baru di iPhone 7, Apple dikabarkan akan melaksanakan rencananya.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.