Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Lenovo S60 Tidak Dijual "Online"?

Kompas.com - 23/06/2015, 16:49 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bersamaan dengan peluncurannya di Indonesia, Lenovo mengumumkan ponsel seri S60 buatannya tidak dijual online seperti beberapa seri sebelumnya. Mengapa demikian?

Country Head Smartphone Division Lenovo Indonesia Adrie R. Suhadi sendiri mengakui model penjualan "flash sale" online untuk seri A6000 sukses.  Mereka bahkan mengulang flash sale itu sampai 7 kali dan pada penutupannya 5 Mei 2015 lalu mengaku berhasil menjual sekitar 48.500 unit.

Namun menurut Adrie tidak semua produk mereka dipasarkan dengan cara tersebut. Dia menyebutkan secara keseluruhan, strategi pemasaran yang mereka anut adalah online to offline dengan pengaturan menyesuaikan positioning produk.

Contohnya pada seri A6000 tersebut, pria berkacamata ini mengatakan flash sale tersebut hanya sebagai cara membuat masyarakat mengenal produk mereka. Setelah sukses dengan penjualan online, maka penerus seri tersebut pun langsung dijual offline.

"Begitu produk berikutnya, A6000 Plus, kita akan langsung jual offline. Karena dari penjualan online sebelumnya kan orang sudah tahu dan kenal produk seri tersebut," terangnya.

Dia melanjutkan, seri S60 yang baru diluncurkan termasuk ponsel yang langsung dijual offline. Pertimbangannya adalah karena posisi produk tersebut cenderung untuk pengguna kalangan menengah, beda dengan seri A yang dibuat untuk segmen di bawahnya.

Dengan cara demikian, dia berharap produk yang dijualnya mencapai segmen yang tepat dan tidak saling tumpang tindih walaupun mereka memiliki banyak produk.

"Kami memang tidak ingin terlalu banyak produk yang dijual online dan menjadi tumpang tindih. Jadi online to offline itu kami atur berdasarkan positioning produk," jelasnya.

"Kalau online kami akan memilih produk yang lebih affordable misalnya seri A, sedangkan untuk penjualan offline kami akan pilih seri yang lebih tinggi, misalnya S60 yang harganya di atas Rp 2 juta," pungkas Adrie.

Dalam penjualan offline, Lenovo bekerja sama dengan distributor gadget Trikomsel, Teletama Artha Mandiri (TAM) dan Surya Citra Multimedia (SCM). Mereka yakin kerja sama dengan tiga distributor akan membantu meningkatkan penjualan produknya di seluruh Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com