Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Bangun "Lab Berita" untuk Jurnalis

Kompas.com - 24/06/2015, 10:55 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Setelah mengumumkan YouTube NewsWire pekan lalu, kini Google kembali merilis inisiatif baru bertajuk "News Lab". Keduanya sama-sama fokus pada bidang jurnalistik.

Bedanya, NewsWire berintensi mendorong pertumbuhan jurnalisme warga. Sementara itu, News Lab ingin mengkolaborasikan peran jurnalis dan pengusaha untuk membangun media masa depan.

Dilansir KompasTekno, Selasa (23/6/2015) dari TheVerge, Google ingin produk-produknya ke depan lebih memudahkan pekerjaan para jurnalis. Tak harus dengan menciptakan produk baru, namun lebih kepada optimisasi produk-produk Google selama ini.

Sehingga, jurnalis dan ruang berita bisa lebih mudah menghimpun data. "Dari Maps, YouTube, Earth, hingga Search, kami ingin menawarkan kemudahan untuk ruang berita melaporkan dan menceritakan peristiwa," begitu tertera pada blog Google.

Google juga bekerja sama dengan beberapa organisasi berita dan startup media untuk mengembangkan ide-ide baru yang dapat menunjang kinerja jurnalis generasi selanjutnya.

News Lab juga bakal mengedukasi para organisasi media di seluruh dunia melalui video tutorial dan studi kasus. Program tersebut akan melibatkan ruang media terbaik agar bisa menginspirasi media-media lainnya.

Tampaknya, raksasa teknologi mulai serius berinvestasi ke organisasi media dan sumber dayanya. Facebook beberapa waktu lalu meluncurkan Instant Article untuk mendominasi distribusi berita.

Snapchat pun tak mau kalah dengan menghadirkan saluran CNN pada layanannya. Akhirnya, Twitter juga meluncurkan Project Lightning untuk mengkurasi konten berita berkualitas di linimasa. Hal ini, tentu tak lepas dari usaha menambah pengguna dan mendorong pengiklan untuk mengucurkan dana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com