Kompas.com - 24/06/2015, 10:55 WIB
News Lab, upaya Google seriusi industri media News LabNews Lab, upaya Google seriusi industri media
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Setelah mengumumkan YouTube NewsWire pekan lalu, kini Google kembali merilis inisiatif baru bertajuk "News Lab". Keduanya sama-sama fokus pada bidang jurnalistik.

Bedanya, NewsWire berintensi mendorong pertumbuhan jurnalisme warga. Sementara itu, News Lab ingin mengkolaborasikan peran jurnalis dan pengusaha untuk membangun media masa depan.

Dilansir KompasTekno, Selasa (23/6/2015) dari TheVerge, Google ingin produk-produknya ke depan lebih memudahkan pekerjaan para jurnalis. Tak harus dengan menciptakan produk baru, namun lebih kepada optimisasi produk-produk Google selama ini.

Sehingga, jurnalis dan ruang berita bisa lebih mudah menghimpun data. "Dari Maps, YouTube, Earth, hingga Search, kami ingin menawarkan kemudahan untuk ruang berita melaporkan dan menceritakan peristiwa," begitu tertera pada blog Google.

Google juga bekerja sama dengan beberapa organisasi berita dan startup media untuk mengembangkan ide-ide baru yang dapat menunjang kinerja jurnalis generasi selanjutnya.

News Lab juga bakal mengedukasi para organisasi media di seluruh dunia melalui video tutorial dan studi kasus. Program tersebut akan melibatkan ruang media terbaik agar bisa menginspirasi media-media lainnya.

Tampaknya, raksasa teknologi mulai serius berinvestasi ke organisasi media dan sumber dayanya. Facebook beberapa waktu lalu meluncurkan Instant Article untuk mendominasi distribusi berita.

Snapchat pun tak mau kalah dengan menghadirkan saluran CNN pada layanannya. Akhirnya, Twitter juga meluncurkan Project Lightning untuk mengkurasi konten berita berkualitas di linimasa. Hal ini, tentu tak lepas dari usaha menambah pengguna dan mendorong pengiklan untuk mengucurkan dana.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.