Kompas.com - 24/06/2015, 14:17 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Para pelaku e-commerce di Indonesia turut kecipratan rezeki dari momen bulan Ramadhan dan Idul Fitri  1436H. Banyaknya konsumen yang mencari barang-barang kebutuhan puasa dan Lebaran menyebabkan lonjakan trafik dan pendapatan di situs-situs belanja online.

“Untuk e-commerce di Indonesia, rata-rata jumlah transaksi meningkat 96 persen, sementara revenue meningkat 84 persen selama bulan Ramadan,” ujar Industry Head Google Indonesia Henky Prihatna di Jakarta, Selasa (23/6/2015) kemarin, mengutip data Google dari bulan-bulan Ramadhan sebelumnya.

Google juga menangkap kecenderungan bahwa semakin banyak konsumen Indonesia beralih ke jalur online untuk memenuhi kebutuhan di masa satu bulan menjelang Lebaran, dari rekaman data tahun 2010 hingga 2014 lalu.

Para pelaku e-commerce pun bersiap menangkap peluang dari momentum Ramadhan dan Idul Fitri. Para perwakilan 40 e-commerce yang tergabung dalam program diskon Lebaran Belanja Online, misalnya, rata-rata menargetkan kenaikan, baik dalam hal trafik, jumlah transaksi, maupun pendapatan.

“Ini benar-benar merupakan peak season. Kami berharap bisa meningkatkan penjualan hingga dua kali atau tiga kali lipat, semoga bisa lebih,” kata Head of Marketing Zalora Indonesia Jo Bjordal yang turut hadir dalam acara peluncuran program Lebaran Belanja Online, hari Selasa itu.

Senada dengan Bjordal, Chief Marketing Officer Lazada Indonesia Sebastian Sieber juga berharap Ramadhan bakal membawa “berkah” bagi layanan e-commerce perusahaannya.

“Di Ramadhan tahun ini kami mencatat penjualan bisa lima kali lebih tinggi dibanding hari biasa. Karena itu kami menargetkan kenaikan pendapatan setidaknya sebanyak dua kali lipat,” katanya.

Untuk mengantisipasi kenaikan trafik selama masa puasa dan menjelang Idul Fitri, Sieber mengatakan pihaknya beberapa bulan sudah melakukan upgrade sistem dan mempersiapkan urusan logistik.

Lebaran Belanja Online

Zalora dan Lazada adalah dua dari sekitar 40 e-commerce  yang tahun ini bergabung di bawah bendera program Lebaran Belanja Online.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.