Kompas.com - 24/06/2015, 17:36 WIB
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara akan meresmikan jaringan telekomunikasi 4G tahap kedua (frekuensi 1.800 MHz) di lima kota di Indonesia.
Rencananya peresmian tersebut dilakukan pada 6 Juli 2015 mendatang secara serentak bersama seluruh operator telekomunikasi Indonesia.

"Jadi mereka (operator telekomunikasi) mau mengadakan update bahwa sudah siap untuk 4G LTE. Kalau dari kami, untuk 6 juli sih siap saja, tinggal bagaimana operatornya. Soal lokasi penyelenggaraan pun kami serahkan ke operator," ujarnya saat ditemui di sela-sela apel Pengecekan Kesiapan Jaringan Bergerak Seluler untuk Mudik Lebaran 2015, Rabu (24/6/2015).

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat Kemenkominfo Ismail Cawidu mengatakan, menteri akan mendeklarasikan penggelaran 4G LTE tersebut dari Makassar. Di kota ini, Telkomsel akan meresmikan layanan 4G LTE-nya.

Bersamaan dengan itu, 4G LTE juga diresmikan serentak oleh XL di Mataram, Indosat di Balikpapan, Hutchinson Tri di Banjarmasin, dan Smartfren di Batam. Khusus untuk Smartfren, mereka menyelenggarakan 4G LTE di pita frekuensi 850 MHz.

"Kita melaksanakan ini serentak karena di tahap ini memang lebih penting mengedepankan kebersamaan daripada kompetisi. Kalau nanti 4G sudah tuntas digelar semua, ya mau berkompetisi silahkan saja," pungkas Chief RA.

Penataan 4G tahap kedua di pita frekuensi 1.800 MHz sendiri belum tuntas. Proses penataan tersebut akan dihentikan sementara sekitar satu pekan sebelum dan sesudah Hari Raya Idul Fitri 1436 H.

Sebelumnya, Kemenkominfo dan para operator telekomunikasi telah sepakat untuk melaksanakan penataan memakai metode cluster. Mereka pun memberi lampu hijau bila operator ingin menyelenggarakan 4G LTE di suatu cluster, asalkan penataan di cluster tersebut sudah rampung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.