BBM Money Ingin Jadi Solusi "E-commerce" di Indonesia

Kompas.com - 24/06/2015, 18:42 WIB
Matthew Talbot, SVP Emerging market BlackBerry. (Reska K Nistanto/Kompas.com)Matthew Talbot, SVP Emerging market BlackBerry.
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com — BlackBerry memperkenalkan pembaruan dalam layanan BBM Money di Indonesia. Kini, pengguna bisa mendapatkan fitur Instant Mobile Payment dalam layanan dompet digital BlackBerry itu.

Dengan fitur baru tersebut, pengguna bisa melakukan pembayaran di toko online yang telah digandeng BlackBerry. Beberapa toko online populer di Indonesia yang telah bergabung dengan BBM Money antara lain Bhinneka.com, Elevenia.com, dan Tokopedia.

Matthew Talbott, SVP Emerging Market BlackBerry, mengatakan, kerja sama dengan merchant tersebut sangat menguntungkan. Alasannya, merchant juga butuh untuk mengarahkan pengguna ke tokonya, sementara BlackBerry sudah memilki basis pengguna yang luas di Indonesia.

Selain itu, dengan kehadiran BBM Money, Talbott berharap bisa mengatasi masalah e-commerce di Indonesia, terutama dalam hal platform pembayaran.

"Saat ini pembayaran di website e-commerce masih banyak yang melalui COD (cash on delivery)," ujar Talbott kepada KompasTekno pada acara jumpa media di Jakarta, Rabu (24/6/2015).

Selain bisa melakukan pembayaran online, BBM Money juga memungkinkan pengguna untuk melakukan top up rekening melalui mobile, isi ulang pulsa, membayar tagihan listrik, transfer uang antar-akun BBM Money, serta menarik uang tunai.

BBM Money tersedia di platform Android, BlackBerry, dan iOS, serta bisa diunduh melalui toko aplikasi masing-masing.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Indonesia jadi "pilot project"

Seperti diketahui, BBM Money saat ini baru diperkenalkan di Indonesia. Negara ini menjadi pilot project untuk layanan baru perusahaan yang berbasis di Kanada tersebut.

"Indonesia itu negara di mana semuanya memungkinkan untuk menggelar layanan BBM Money," ujar Talbott.

Indonesia, menurut Talbott, merupakan negara dengan pasar e-commerce terbesar di dunia. Selain itu, BlackBerry juga memiliki basis pengguna yang besar di Indonesia.

Ke depannya, BlackBerry berencana untuk membawa layanan tersebut ke luar Indonesia. Namun, saat ditanya negara mana saja yang akan disasar, BlackBerry menolak untuk menjawabnya.

BlackBerry pun masih enggan menyebut jumlah pengguna aplikasi BBM di Indonesia dan jumlah target pengguna BBM Money yang dipatoknya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X