Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BBM Money Ingin Jadi Solusi "E-commerce" di Indonesia

Kompas.com - 24/06/2015, 18:42 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — BlackBerry memperkenalkan pembaruan dalam layanan BBM Money di Indonesia. Kini, pengguna bisa mendapatkan fitur Instant Mobile Payment dalam layanan dompet digital BlackBerry itu.

Dengan fitur baru tersebut, pengguna bisa melakukan pembayaran di toko online yang telah digandeng BlackBerry. Beberapa toko online populer di Indonesia yang telah bergabung dengan BBM Money antara lain Bhinneka.com, Elevenia.com, dan Tokopedia.

Matthew Talbott, SVP Emerging Market BlackBerry, mengatakan, kerja sama dengan merchant tersebut sangat menguntungkan. Alasannya, merchant juga butuh untuk mengarahkan pengguna ke tokonya, sementara BlackBerry sudah memilki basis pengguna yang luas di Indonesia.

Selain itu, dengan kehadiran BBM Money, Talbott berharap bisa mengatasi masalah e-commerce di Indonesia, terutama dalam hal platform pembayaran.

"Saat ini pembayaran di website e-commerce masih banyak yang melalui COD (cash on delivery)," ujar Talbott kepada KompasTekno pada acara jumpa media di Jakarta, Rabu (24/6/2015).

Selain bisa melakukan pembayaran online, BBM Money juga memungkinkan pengguna untuk melakukan top up rekening melalui mobile, isi ulang pulsa, membayar tagihan listrik, transfer uang antar-akun BBM Money, serta menarik uang tunai.

BBM Money tersedia di platform Android, BlackBerry, dan iOS, serta bisa diunduh melalui toko aplikasi masing-masing.

Indonesia jadi "pilot project"

Seperti diketahui, BBM Money saat ini baru diperkenalkan di Indonesia. Negara ini menjadi pilot project untuk layanan baru perusahaan yang berbasis di Kanada tersebut.

"Indonesia itu negara di mana semuanya memungkinkan untuk menggelar layanan BBM Money," ujar Talbott.

Indonesia, menurut Talbott, merupakan negara dengan pasar e-commerce terbesar di dunia. Selain itu, BlackBerry juga memiliki basis pengguna yang besar di Indonesia.

Ke depannya, BlackBerry berencana untuk membawa layanan tersebut ke luar Indonesia. Namun, saat ditanya negara mana saja yang akan disasar, BlackBerry menolak untuk menjawabnya.

BlackBerry pun masih enggan menyebut jumlah pengguna aplikasi BBM di Indonesia dan jumlah target pengguna BBM Money yang dipatoknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com