Kompas.com - 25/06/2015, 09:54 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sony sempat dikabarkan bakal keluar dari bisnis smartphone yang dinilai kurang menguntungkan, tapi isu itu segera ditepis oleh perusahaan yang bersangkutan.

Dalam acara peluncuran empat produk Xperia di Jakarta, Rabu (24/6/2015), Direktur dan Kepala Pemasaran Sony Mobile Communications Jason Smith kembali menekankan komitmen pihaknya terhadap bisnis gadget mobile.

"Smartphone tetap menjadi salah satu core business kami," kata Smith saat berbicara di panggung acara. "Kami tak akan mundur dan akan terus berjuang," lanjutnya, mengulang perkataan Presiden dan CEO Sony Mobile Hiroki Totoki beberapa waktu lalu.

Meski tetap bertahan di bisnis mobile, Smith menambahkan bahwa di Indonesia Sony bakal mengubah strategi bisnis, yakni dengan cara menyasar segmen pasar menengah atas dengan rentang harga mulai Rp 3 juta. "Kami akan berkonsentrasi di segmen tengah dan premium," katanya ketika ditemui seusai acara.

Manajer Pemasaran Sony Mobile Indonesia Ika Paramita membenarkan ucapan Smith. Hanya saja, dia menjelaskan bahwa pihak Sony sebenarnya masih memiliki produk di kelas bawah berupa smartphone Xperia seri E yang dibanderol di angka 1 jutaan.

"Tapi itu karena product cycle saja. Harganya turun karena sudah lama beredar," terangnya. Dia melanjutkan bahwa segmen pasar yang diincar Sony terkesan sebagai smartphone "mahal" karena perusahaan tersebut memiliki klasifikasi harga yang berbeda untuk kelas menengah dan atas, dibanding pabrikan lain di pasaran. Sony, misalnya, mematok rentang harga Rp 3-5 juta untuk smartphone kelas "menengah".

Untuk memaksimalkan profit dari tiap model, Ika mengatakan bahwa tahun ini Sony tak akan merilis terlalu banyak model smartphone dan tablet. Dia tidak merinci berapa persisnya model gadget yang akan dipasarkan Sony di Indonesia pada 2015. "Yang jelas tak akan sebanyak tahun lalu," ujarnya memberi gambaran.

Sony sendiri pada 2015 telah meluncurkan sebanyak 5 model gadget mobile Xperia. Pada kesempatan hari Selasa itu, pabrikan Jepang ini resmi memasukkan tiga model smartphone dan sebuah tablet Xperia, yakni smartphone Xperia Z3+, Xperia M4 Aqua, Xperia C4, dan tablet Xperia Z4 Tablet. Kesemuanya termasuk kelas menengah-atas dengan rentang harga Rp 4 juta hingga Rp 10 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.