Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Messenger Kini Tak Harus Punya Akun Facebook

Kompas.com - 25/06/2015, 11:13 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Aplikasi pesan instan Facebook Messenger kini berubah jadi lebih mandiri. Bila dulu pengguna mesti memiliki akun Facebook untuk mendaftar, kali ini akun tersebut tidak diperlukan.

Cukup mendaftarkan nama depan, nama belakang, nomor telepon, dan foto saja. Kemudian Anda sudah bisa memakainya berkirim pesan seperti biasa.

Pengguna tetap bia mengirimkan pesan ke teman di Facebook dan kontak di ponsel mereka. Pesan-pesan yang ada dikirimkan ke chat Facebook melalui web pun tetap bisa dibaca melalui aplikasi ini.

Pengguna yang tidak memiliki akun Facebook pun mendapatkan alternatif pencarian kontak. Mereka cukup mengunggah daftar kontak di ponsel saja dan Messenger akan mencari mereka.

"Pembaruan ini membuat semua orang bisa menikmati macam-macam fitur Messenger, termasuk foto, video, group chats, panggilan telepon dan video, stiker serta banyak hal lainnya. Anda cuma perlu sebuah nomor telepon saja," tulis Software Engineer Facebook, Louis Boval seperti dilansir KompasTekno dari blog resminya, Kamis (25/6/2015).

Selama ini jejaring sosial Facebook dan aplikasi pesan instan Messenger terlihat sebagai sebuah simbiosis. Keduanya saling melengkapi, misalnya Anda bisa menemukan teman-teman Facebook melalui aplikasi pesan instan itu.

Namun langkah kali ini seolah menegaskan keduanya telah terpisah dan dibuat sebagai platform yang sama-sama mandiri. Messenger sebagai sebuah platform kini bisa diisi berbagai aplikasi, dipakai untuk transaksi pembayaran dan memiliki web sendiri.

Aplikasi Messenger tanpa Facebook ini baru bisa diakses di negara-negara tertentu saja, yaitu Amerika Serikat, Kanada, Peru dan Venezuela. Belum ada informasi, kapan fitur baru ini tersedia di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com