Kompas.com - 25/06/2015, 11:13 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Aplikasi pesan instan Facebook Messenger kini berubah jadi lebih mandiri. Bila dulu pengguna mesti memiliki akun Facebook untuk mendaftar, kali ini akun tersebut tidak diperlukan.

Cukup mendaftarkan nama depan, nama belakang, nomor telepon, dan foto saja. Kemudian Anda sudah bisa memakainya berkirim pesan seperti biasa.

Pengguna tetap bia mengirimkan pesan ke teman di Facebook dan kontak di ponsel mereka. Pesan-pesan yang ada dikirimkan ke chat Facebook melalui web pun tetap bisa dibaca melalui aplikasi ini.

Pengguna yang tidak memiliki akun Facebook pun mendapatkan alternatif pencarian kontak. Mereka cukup mengunggah daftar kontak di ponsel saja dan Messenger akan mencari mereka.

"Pembaruan ini membuat semua orang bisa menikmati macam-macam fitur Messenger, termasuk foto, video, group chats, panggilan telepon dan video, stiker serta banyak hal lainnya. Anda cuma perlu sebuah nomor telepon saja," tulis Software Engineer Facebook, Louis Boval seperti dilansir KompasTekno dari blog resminya, Kamis (25/6/2015).

Selama ini jejaring sosial Facebook dan aplikasi pesan instan Messenger terlihat sebagai sebuah simbiosis. Keduanya saling melengkapi, misalnya Anda bisa menemukan teman-teman Facebook melalui aplikasi pesan instan itu.

Namun langkah kali ini seolah menegaskan keduanya telah terpisah dan dibuat sebagai platform yang sama-sama mandiri. Messenger sebagai sebuah platform kini bisa diisi berbagai aplikasi, dipakai untuk transaksi pembayaran dan memiliki web sendiri.

Aplikasi Messenger tanpa Facebook ini baru bisa diakses di negara-negara tertentu saja, yaitu Amerika Serikat, Kanada, Peru dan Venezuela. Belum ada informasi, kapan fitur baru ini tersedia di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.