Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iOS 9 Punya Solusi untuk iPhone Memori Kecil

Kompas.com - 25/06/2015, 13:14 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber Ubergizmo
KOMPAS.com - Update atau pembaruan iOS masih menjadi kendala tersendiri bagi iPhone berkapasitas kecil, seperti 8 GB dan 16 GB. Untungnya, Apple dikatakan sudah mengetahui adanya masalah itu dan bersiap menuntaskannya pada iOS 9. Solusi seperti apa?

Saat iOS 8 dirilis tahun lalu, pemilik iPhone versi 8 GB dan 16 GB sudah mengeluh. Bagaimana tidak, untuk mengunduh iOS versi itu, pengguna setidaknya harus mengosongkan media penyimpanan setidaknya hingga 4,6 GB.

Untuk menghindari masalah yang sama, seperti KompasTekno kutip dari Ubergizmo, Kamis (25/6/2015), Apple memasukkan sebuah fitur auto-delete aplikasi di iOS 9. Nantinya, jika butuh ruang penyimpanan lebih, sistem akan menawarkan, apakah pengguna ingin menggunakan fitur tersebut atau tidak.

Jika iya, sistem secara otomatis akan memilihkan aplikasi mana yang bakal dihapus. Jadi, pengguna tidak perlu repot-repot menghapus satu-satu aplikasi yang ada di iPhone.

Fitur auto-delete itu sendiri ditemukan oleh seorang pengguna forum MacRumors yang mengklaim sudah mencoba iOS 9 versi beta 2.

Setelah dihapus sistem, bagaimana nasib aplikasi tersebut nantinya setelah iPhone diupdate ke iOS 9? Tenang saja, nantinya sistem iOS 9 akan mengunduh secara otomatis aplikasi yang dihapus sebelumnya.

Namun, belum diketahui apakah data yang ada dalam aplikasi tersebut bakal tetap dihadirkan kembali atau tetap terhapus.

Tingkat adopsi iOS 8 sendiri diketahui cukup lambat karena adanya masalah storage tersebut. Saat baru dirilis, iOS 8 memakan memory iPhone hingga 6 GB, disebabkan file instalasi yang memang besar dan juga bug awal iOS.

Apple dikatakan sudah belajar banyak dari kasus tersebut. Selain fitur penghapusan aplikasi otomatis tersebut, perusahaan yang berpusat di Cupertino, AS ini juga memangkas file instalasi iOS 9 menjadi 1,3 GB saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Ubergizmo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com