Kompas.com - 25/06/2015, 19:28 WIB
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Jaringan generasi keempat (4G LTE) mengakomodir komunikasi via perangkat yang lebih lancar dan cepat. Tak hanya untuk koneksi internet, namun juga untuk layanan suara (voice).

Hari ini, Kamis (25/6/3015), Telkomsel bekerja sama dengan Huawei menguji coba layanan 4G konvergen VoLTE (Voice Over LTE) dan WiFi Calling berbasiskan teknologi NFV (Network Function Virtualization).

Hasil pengujian menunjukkan layanan pangilan suara yang lebih jernih, atau disebut Voice HD. Teknologi NFV sendiri merupakan layanan cloud yang terpisah dari BTS tradisional.

Konvergensi teknologi 4G dan teknologi WiFi ini memungkinkan pengguna mendapatkan pengalaman menelpon dengan jaringan 4G dan WiFi di manapun dan kapanpun. Kemampuan pergantian dari 4G ke WiFi juga diklaim mulus tanpa hambatan.

"Jadi kalau sedang di dalam ruangan dan jaringan WiFi lebih memungkinkan, pengguna bisa ganti ke WiFi. Tapi kalau di luar ruangan, layanan VoLTE bisa dimaksimalkan," kata VP Teknologi dan Sistem Telkomsel Ivan Permana di sela-sela pengujian.

Langkah ini juga ditujukan agar operator bisa bersaing dengan OTT semacam WhatsApp dan Line dengan layanan call masing-masing. "Kalau OTT kan harus pakai aplikasi, layanan ini langsung bisa aktif tanpa aplikasi. Pengguna tinggal mengatur di penyetelan," Ivan menambahkan.

Teknologi WiFi Calling dari Telkomsel merupakan yang pertama di Asia Pasifik. Sebelumnya, teknologi ini baru digelar empat operator di Amerika Serikat dan Eropa.

Terkait tarif berbeda antara penggunaan data WiFi Calling, VoLTE dan layanan voice biasa, Telkomsel mengaku masih harus melakukan pengkajian lebih lanjut. "Yang jelas kami tak akan membingungkan pelanggan," kata Ivan.

Telkomsel juga belum membeberkan tanggal pasti perilisan dua layanan konvergensinya secara komersil. "Kalau teknologinya sudah nggak ada masalah. Tapi kita kan harus mengkaji pasarnya juga," kata VP Coorporate Communication Telkomsel Adita Irawati. "Kalau nggak kuartal 3 tahun ini, ya kuartal 4," kata Adita.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.