Tiba-tiba Melankolis di San Francisco

Kompas.com - 26/06/2015, 03:03 WIB
Bekas lokasi Jeffrey's Toys di San Francisco. Wicak Hidayat/Kompas.comBekas lokasi Jeffrey's Toys di San Francisco.
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Pertama kali dapat kesempatan mengunjungi San Francisco, sekitar enam tahun lalu, salah satu kesenangan kecil yang saya dapatkan adalah mengunjungi sebuah toko kecil bernama Jeffrey's Toys.

Toko kecil nan berantakan bin sesak ini punya lokasi yang luar biasa. Ia berada di jalan raya utama Market Street, tepatnya dekat persimpangan Market dan 3rd Street. Ini adalah distrik yang sangat premium.

Sewaktu mengunjungi toko itu pertama kali, memang tak ada kesan wah. Tidak seperti mengunjungi Apple Store atau apa, tapi lebih mirip masuk ke toko mainan langganan waktu kecil dulu (dengan pilihan mainan yang berbeda tentunya).

Jeffrey's menjual mainan, board game dan komik serta pernak-pernik lain dalam rak-rak konvensional. Mainannya juga ditumpuk seadanya, tak terlalu banyak usaha untuk membuatnya "keren" ala-ala peritel masa kini.

Kalau di AS, istilahnya kalau tidak salah adalah "Mom and Pop Shops", sebuah toko kecil milik perseorangan yang bukan bagian dari waralaba besar. Kehadirannya, buat saya, adalah penyegaran di tengah toko dan restoran generik dari berbagai merek ternama yang sangat banyak di wilayah Downtown San Francisco.

Harus diakui, saya memang agak melankolis dengan toko ini. Kenapa tidak? Di toko ini saya membeli tabletop game pertama saya: game legendaris populer Munchkin karya Steve Jackson, Gloom (sebuah card game bertema kesedihan dan kematian) serta Dungeons & Dragons Starter Kit yang hingga kini belum pernah dimainkan -- tapi sudah dibuka. Dari toko itu juga beberapa koleksi game saya menumpuk, hingga kadang mungkin membuat "yang di rumah" kesal juga.

Ikon yang kehilangan tempat

Kini, enam tahun setelah pertama kali "menemukan" Jeffrey's Toys, saya terhenyak. Lokasi toko itu telah ditutup dengan papan-papan kelabu, tulisan besar Toys dan Comics yang menghiasi fasadnya sudah hilang.

Rupanya, Jeffrey's Toys akhirnya kehilangan tempat. Sewa lokasi itu menanjak gila dan pasangan Mark dan Rosie Luhn selaku pemilik dan pengelola toko itu tak sanggup lagi membayarnya.

Toko itu merupakan salah satu ikon di wilayah San Francisco, ia sudah berdiri selama 45 tahun. Penutupannya ternyata cukup menimbulkan banyak reaksi dari beberapa media setempat.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X