Snapchat "Live" di Jakarta, Begini Cara agar "Postingan" Terpilih

Kompas.com - 26/06/2015, 09:36 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Jakarta mendapatkan kehormatan menjadi satu dari sedikit kota di Asia yang masuk ke fitur Live Stories di aplikasi jejaring sosial Snapchat. Event itu sendiri bakal berlangsung seharian penuh hari ini, Jumat (26/6/2016).

Apakah sebenarnya Live Stories itu? Fitur ini mengizinkan Snapchatters, panggilan akrab pengguna Snapchat, yang berada di suatu tempat atau kejadian tertentu, berkontribusi dengan postingan mereka (disebut Snap) yang nantinya bisa dilihat oleh pengguna di seluruh dunia. Melalui fitur ini, pengguna lain bisa seolah-olah berada di lokasi acara.

Nah, bagi Anda, khususnya para Snapchatters di kota Jakarta, ternyata juga bisa mengontribusikan Snap untuk event Live Stories ini.

Caranya sangat mudah. Pengguna hanya perlu mengirimkan Snap yang dibuat di kota Jakarta kemudian mengirimkannya ke tim Snapchat. Nantinya, tim Snapchat akan memasukkan Snap tersebut ke Live Stories.

Secara detail, ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Pertama, pengguna diharuskan untuk mengaktifkan GPS atau Location di perangkat masing-masing.

Untuk perangkat iOS, fitur Location dapat ditemukan di bagian "Settings - Privacy - Location Services", cari Snapchat, dan nyalakan fitur tersebut. Sementara itu, untuk Android, pengguna bisa menemukannya aplikasi dari menu "Setting - Locations", kemudian pilih On.

Dengan menyalakan fitur Location itu, sistem akan mengenali lokasi pengguna. Secara otomatis, pengguna yang berada di lokasi Live Stories akan mendapatkan Filter khusus Live Stories yang tersedia dalam waktu terbatas. Biasanya, Filter tersebut hanya tersedia selama event berlangsung.

Untuk event Live Stories Jakarta kali ini, Snapchat memberikan Filter dengan tulisan "Jakarta Life".

Kemudian, saat mengambil Snap, gunakan Filter khusus tersebut. Saat diposting, jangan lupa untuk mengirimkannya ke @teamsnapchat dan Our Jakarta Story. Cara mengirimkannya juga mudah, pengguna hanya perlu memberikan tanda centang di pilihan Team Snapchat dan Our Jakarta Story, sebelum memposting Snap.

Dengan mengirimkan Snap tersebut, tim Snapchat dikatakan akan lebih mudah dalam mengindentifikasi dan mengurasi Snap yang ada. Dengan cara itu pula, kemungkinan agar Snap pengguna masuk ke Live Stories dikatakan semakin besar.

Event Live Stories sendiri sebenarnya sudah cukup sering diadakan di Amerika Serikat dan Eropa. Sementara itu, acara tersebut cukup jarang dilakukan di Asia. Salah satu negara Asia yang pernah kebagian acara ini adalah Singapura.

Masuknya kota Jakarta dalam Live Stories Snapchat menunjukkan bahwa Ibu Kota Indonesia ini masuk dalam perhitungan Snapchat, meski jejaring sosial itu baru beken. Jakarta tentunya memiliki potensi atau aplikasi tersebut diminati di Indonesia.

Jadi, mau buat Snap untuk Live Stories Jakarta?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.