Kompas.com - 26/06/2015, 13:23 WIB
East Venture Coworking Space berlokasi di gedung The Maja lantai 2, Blok M, Jakarta Selatan. Fatimah Kartini Bohang/Kompas.comEast Venture Coworking Space berlokasi di gedung The Maja lantai 2, Blok M, Jakarta Selatan.
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Hari ini, Jumat (26/6/2015), East Ventures secara resmi membuka coworking space yang dinamai "HIVE". Bertempat di gedung The Maja lantai 2, Jl, Kyai Maja 39, bilangan Blok M, Jakarta, ruang kerja bersama ini menyediakan kapasitas untuk 80 orang.

Ada dua tipe ruang kerja yang disediakan, yakni privat spaces (dua ruangan) dan shared space. Tiap private space mengakomodir 10 bangku. Sedangkan shared space untuk outdoor dan indoor, disediakan 32 bangku.

Di privat space yang lebih tertutup, para pendiri dan profesional startup bisa bekerja dengan lebih tenang dan fokus. Tapi, bukan berarti bilik tersebut lebih kondusif untuk bekerja dibandingkan ruang tengah yang mekanismenya berbagi.

Pasalnya, bagi pendiri dan pekerja startup yang senang berdiskusi dan berbagi ilmu, shared space bisa jadi pilihan tepat.

Fatimah Kartini Bohang/Kompas.com East Ventures Coworking Space berlokasi di gedung Maja, Blok M, Jakarta Selatan.
Adapun fasilitas-fasilitas yang melengkapi HIVE antara lain koneksi WiFi, minuman gratis (kopi, teh, air putih), colokan di tiap meja, dan suasana dinamis dengan dominasi kaca dan cahaya kekuningan.

"Kami terinspirasi dari desain ala kantor-kantor di San Fransisco," kata Managing Director EV Wilson Cuaca, di sela-sela pembukaan HIVE.

Fatimah Kartini Bohang/Kompas.com East Ventures Coworking Space berlokasi di gedung Maja lantai 2, Blok M, Jakarta Selatan.
Diharapkan, HIVE bisa menjadi markas yang nyaman bagi para startup untuk terus berkreasi. Baik yang merupakan startup portofolio East Ventures, maupun startup umum lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Diketahui, perusahaan investasi startup Asia tersebut sudah memiliki 70 portofolio pendanaan startup di Indonesia. Hitungan kasarnya, East Ventures sudah mendanai pekerjaan 70 pendiri, 1500 profesional dan 350.000 pekerja lepas.

"Makanya kami merasa perlu membangun ruang kerja bersama ini sekarang. Kalau 5 tahun lalu masih terlalu cepat. Ini waktu yang tepat," kata Wilson.

Selain menyediakan tempat kerja yang nyaman, EV juga ingin membangun ekosistem startup lewat HIVE. Caranya dengan menyediakan aktivitas berbagi ilmu terkait perkembangan industri startup Indonesia.

East Ventures berkomitmen akan sering menggelar acara-acara startup yang dikemas seperti kuliah umum dengan pemateri para startup binaan East Ventures. Hadirinnya, tentu saja para penyewa dan para startup umum lainnya.

Untuk langkah promosi, HIVE akan menggelar acara-acara tersebut secara gratis selama tiga bulan pertama sejak dibuka.

Harga sewa untuk shared space berkisar Rp 2,8 juta hingga Rp 3 juta per bulan. Sedangkan untuk private space, harga bilik dibanderol Rp 20 juta hingga Rp 25 juta per bulan.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.