Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Wallpaper" Windows 10 Dibuat dari Cahaya

Kompas.com - 26/06/2015, 16:59 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber Wired
KOMPAS.com - Setiap edisi Windows selalu dibekali wallpaper khusus sebagai ciri khasnya. Bila pada Windows XP terdapat foto legendaris hasil jepretan Charles O'Rear, pada Windows 10 default wallpaper adalah logo yang terbuat dari cahaya.

Ya, wallpaper tersebut memang bukan hasil jepretan foto biasa. Creative Director proyek tersebut Bradley G. Munkowitz (Gmunk) menggunakan kamera 50 megapiksel untuk memotret ribuan foto dan menyelipkan berbagai efek visual, seperti laser, asap dan bokeh, untuk mengumpulkan bahannya.

Selanjutnya tim mereka meyatukan bermacam foto dengan 10 eksposur berbeda ke dalam satu gambar untuk mendapatkan kesan mendalam. Hasil akhirnya adalah logo Windows 10 yang seolah murni terbuat dari cahaya.

"Logo ini terlihat seperti sesuatu dalam film Tron: Legacy dan saya bahagia dengan hasilnya. Bedanya, semua ini dibuat secara manual, kami memotret dan membangunnya hingga jadi," ujar Gmunk.

Seperti dilansir KompasTekno dari Wired, Jumat (26/6/2015), suasana logo tersebut terasa kelam dan berkabut dengan penampakan berkas cahaya memancar keluar. Cocok dengan tema Windows 10 yang cenderung berwarna gelap.

Pengguna akan segera melihat wallpaper ini menghiasi komputer desktop saat Windows 10 meluncur 29 Juli mendatang.

Berikut ini video proses pembuatan logo Windows 10 menggunakan bahan cahaya:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Wired


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com