Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kartu Now Ramadhan Google Pertama Diluncurkan di Indonesia

Kompas.com - 30/06/2015, 09:50 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com –  Google memilih Indonesia sebagai negara pertama yang mendapatkan Now Cards atau Kartu Now khusus konten-konten Ramadhan. Kartu tersebut dapat diakses langsung ketika membuka aplikasi Googgle Now di Android.

Penambahan kartu tersebut dilakukan mempertimbangkan hasil pencarian yang banyak dicari pengguna di bulan puasa tahun lalu dan merangkumnya dalam tiga tema utama, yaitu perencanaan, makanan, dan hiburan.

Head of Marketing Google Indonesia Veronica Utami menjelaskan, yang dimaksud dengan tema perencanaan antara lain berupa pencarian jadwal berbuka dan sahur atau soal kondisi kemacetan jalan.

Terkait dengan tema makanan, Google Now juga akan menampilkan kartu berisi daftar resep untuk inspirasi menu sahur dan berbuka puasa. Sedangkan tema hiburan yang muncul adalah konten video YouTube, misalnya tutorial hijab atau video panduan memasak menu berbuka.

Menurut Veronica, Google bekerja sama dengan sejumlah kreator konten untuk mengisi konten itu. Misalnya Raisa Cherryl yang mengisi tutorial hijab, video musik band Lyla dan Noura atau Kokiku TV dengan tutorial memasak menu buka dan sahur. Kemudian konten yang sudah mereka buat dan unggah ke YouTube itu akan dipilih oleh tim kurasi Google, lalu disajikan dalam kartu Now.

“Konten ramadhan di Now Cards ini pertama dan akan seterusnya ada di Indonesia.  Ini adalah bagian dari upaya Google memberikan konten yang relevan bagi penggunanya, kalau di negara kita kan komunitas Islam merupakan salah satu yang terbesar.” ujar Veronica saat ditemui KompasTekno dalam ajang peluncuran Now Cards, Senin (29/6/2015) sore.

Dia juga menambahkan, selain edisi khusus Ramadhan bisa saja nanti muncul kartu Now dengan tema lain. Ide utamanya adalah menampilkan sesuatu yang relevan dengan momen-momen besar di suatu tempat, misalnya momen kemerdekaan Indonesia dan lainnya. Tentu saja dengan pertimbangan ada banyak querry terkait hal tersebut.

Aplikasi Google Now sendiri merupakan alat yang dibuat Google untuk mempermudah pencarian konten web sekaligus sebagai asisten pribadi pengguna Android. Contohnya, aplikasi ini otomatis akan mengingatkan jadwal keberangkatan pesawat jika penggunanya memiliki email berisi tiket pesawat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com