Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Kecelakaan Pesawat Hercules TNI AU

Kompas.com - 30/06/2015, 15:29 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com — Selasa siang, 30 Juni 2015, sebuah pesawat C-130 Hercules yang dioperasikan oleh TNI-AU jatuh di permukiman warga di Jalan Jamin Ginting, Medan, Sumatera Utara.

Pesawat jatuh hanya dua menit setelah lepas landas dari Pangkalan Udara Soewondo pada pukul 12.08 WIB ketika hendak menuju Tanjung Pinang. Pesawat tersebut hendak mengantar logistik ke beberapa pangkalan udara TNI AU.

Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen Fuad Basya mengatakan, C-130 Hercules jatuh pada pukul 12.08, setelah baru take off sekitar dua menit dari Runway 23 Bandara Soewondo, atau eks Bandara Polonia, Medan.

Pilot dikabarkan sempat menghubungi petugas pengendali arus lalu lintas udara atau air traffic controll (ATC) untuk meminta mendarat kembali, atau return to base (RTB).

Namun saat kendali hendak dioper dari petugas tower di Soewondo ke petugas ATC Medan Approach, pesawat tiba-tiba berbelok ke kanan dan jatuh menimpa permukiman warga sekitar 5 kilometer dari Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Soewondo.

Kecelakaan pada Selasa (30/6/2015) ini menambah daftar kecelakaan C-130 Hercules yang dioperasikan oleh TNI AU. Tercatat, setidaknya ada tiga kecelakaan sebelumnya yang melibatkan C-130 TNI-AU. Berikut ini adalah hasil penelusuran Kompas.com.

20 November 1985

Sebuah pesawat C-130H-MP Hercules TNI-AU jatuh setelah menabrak dinding Gunung Sibayak, Medan, Sumatera Utara. Pesawat dengan nomor registrasi A-1322 tersebut mengangkut 10 awak, dan semuanya tewas.

5 Oktober 1991

Hercules C-130 milik TNI-AU jatuh di kawasan Condet, Jakarta Timur. Sebanyak 135 orang yang antara lain terdiri dari 12 awak dan 121 anggota Pasukan Khas (Paskhas) TNI-AU yang diangkut di dalamnya menjadi korban.

Pesawat tersebut mengangkut anggota Paskhas setelah mengikuti upacara peringatan Hari ABRI yang digelar di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

20 Mei 2009

Hercules TNI AU dengan nomor registrasi A-1325 jatuh di Desa Geplak, Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Pesawat tersebut mengangkut 110 orang yang terdiri dari 99 penumpang dan 11 kru. Sebanyak 98 orang dilaporkan meninggal, termasuk dua warga setempat.

Berdasarkan kecelakaan sebelum-sebelumnya yang menyangkut pesawat militer, investigasi akan dilakukan secara internal, bukan dilakukan oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Hasil investigasi pun tidak diumumkan kepada publik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com