Trik "Jepret" Foto Olahraga ala Fotografer Profesional

Kompas.com - 01/07/2015, 04:03 WIB
Memotret olah raga bergaya fotografer profesional tidak sulit. Asal tau trik dan pintar mencari momen, foto seperti ini bisa dihasilkan dengan mudah. Adhis AnggianyMemotret olah raga bergaya fotografer profesional tidak sulit. Asal tau trik dan pintar mencari momen, foto seperti ini bisa dihasilkan dengan mudah.
|
EditorLatief

KOMPAS.com - Bagi pemburu fotografi, membekukan satu momen menakjubkan mampu memberi sensasi euforia tersendiri. Bak bajak laut saat menemukan harta karun. Terutama bagi mereka yang hobi mencuri gambar di arena olah raga.

Nah, jika baru mau memulai hobi ini, tak perlu risau! Tips fotografi berikut bisa menghasilkan jepretan momen olahraga bercita rasa profesional.

Lihat sekeliling

Pastikan Anda mengerti seluk beluk olahraga yang ingin diabadikan. Jadi, Anda mengerti kapan dan di mana momen-momen penting akan terjadi.

Lingkungan menyajikan beragam kesempatan unik untuk menangkap semangat permainan. Perhatikan titik-titik paling cocok untuk menjepret. Misalnya, sebelum akhir pertandingan basket, sisi podium juri adalah tempat tepat mengabadikan semangat tim.

Bahkan, jika memiliki pilihan lensa lebih luas, seperti 10mm atau 12mm, memanjatlah setinggi mungkin. Tangkap momen saat seluruh stadion ramai dengan sorak penggemar.

Maksimalkan ISO

SHUTTERSTOCK Pemandangan malam di Brugge, Belgia. Teknologi kamera semakin maju sehingga efek noise pada jepretan minim cahaya dapat dikurangi.

Meningkatkan ISO pada kamera memberikan kesempatan menembak pada kecepatan rana lebih tinggi. Kamera menjadi lebih sensitif terhadap cahaya sehingga hasil gambar pun lebih maksimal.

Dulu, ISO tinggi menghasilkan efek noise atau bintik hitam mengganggu pada foto. Namun, seiring perkembangan sistem teknologi kamera, tingkat noise semakin berkurang. Sekarang, kebanyakan kamera mampu menghasilkan gradasi warna lembut di tempat minim cahaya sekalipun.

Bermain dengan kecepatan shutter

Dalam mengabadikan momen cepat olahraga, kemampuan kamera menangkap subjek foto yang tidak berada di tengah frame sangat penting. Agar Anda mampu menangkap gambar dengan cepat dan efektif.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X