"Ok Google" Bakal Bisa Diakses Tanpa Internet

Kompas.com - 01/07/2015, 13:14 WIB
Fitur Google Search bisa dipanggil dengan mengucap Ok Google GoogleFitur Google Search bisa dipanggil dengan mengucap Ok Google
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Fitur perintah suara di perangkat Android, "OK Google" selama ini hanya bisa dipakai jika smartphone tersebut sedang online atau terhubung dengan internet saja.

Namun nampaknya Google akan membuat fitur tersebut tersedia bagi pengguna saat offline juga, atau saat tidak terhubung dengan internet.

Saat ini, Google memberikan pemberitahuan jika fitur OK Google tersebut sedang tidak tersedia manakala smartphone atau tablet Android dalam kondisi offline.

Menurut Android Police, seperti dikutip KompasTekno, Selasa (30/6/2015), baris kode dalam update APK Google terbaru menunjukkan bahwa ke depannya fitur OK Google tetap bisa diakses walau perangkat dalam kondisi offline.

Beberapa perintah yang bisa diberikan saat offline antara lain seperti menelepon, berkirim SMS, memutar musik, dan menyalakan Wi-Fi.

Perintah-perintah offline lain kemungkinan bakal ditambahkan Google di masa mendatang.

Update lain dalam aplikasi Google yang akan disertakan adalah kemampuan perintah suara untuk mengatur kecerahan layar dan volume speaker.

Aplikasi Google di toko aplikasi Google Play saat ini masih dalam versi 4.7. Versi 4.8 yang disiapkan untuk fitur perintah suara offline itu tersedia dalam bentuk APK yang bisa diunduh melalui tautan berikut ini.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X