Kompas.com - 02/07/2015, 10:08 WIB
Tony Fernandes (memegang logo Twitter) bersama dengan kru AirAsia dan perwakilan roKKi dan Twitter dalam peresmian layanan akses Twitter dalam penerbangannya, Selasa (30/6/2015). @roKKiTony Fernandes (memegang logo Twitter) bersama dengan kru AirAsia dan perwakilan roKKi dan Twitter dalam peresmian layanan akses Twitter dalam penerbangannya, Selasa (30/6/2015).
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Setelah meluncurkan layanan on-board WiFi atau layanan internet di dalam pesawat, maskapai AirAsia kini memperkenalkan layanan akses Twitter dalam penerbangannya.

Layanan akses Twitter dalam pesawat merupakan buah kerja sama AirAsia bersama dengan roKKI, perusahaan penyedia solusi hiburan dan konektivitas dalam penerbangan (Inflight Entertainment & Connectivity /IFEC).

"Bekerja sama dengan roKKi, kami menjadi layanan media sosial pertama yang tersedia via Wi-Fi dalam penerbangan AirAsia," ujar Arvinder Gujral, Director Business Development Twitter South Asia dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Rabu (1/7/2015).

Peluncuran layanan Twitter dalam penerbangan dilakukan oleh CEO AirAsia Group, Tony Fernandes dalam penerbangan AirAsia AK5208. "Posting my first tweet from 30,000ft. And now you can, too. Congrats @rokki_official for bringing @Twitter to @AirAsia," tulis Tony dalam cuitannya, Selasa (30/6/2015).

Dengan diresmikannya layanan tersebut, kini penumpang AirAsia bisa menggunakan aplikasi Twitter selama penerbangan dengan membeli Paket roKKi Chats Instant Messaging (IM) yang di dalamnya sudah termasuk akses beberapa aplikasi seperti WeChat, WhatsApp, LINE, serta KakaoTalk.

Paket IM ini dijual seharga RM9 (sekitar Rp 33.000) dengan paket data sebesar 3 MB. AirAsia mengklaim layanan Wi-Fi dalam penerbangan ini tersedia di hampir 4.000 penerbangan tiap bulannya dan akan terus ditingkatkan seiring bertambahnya jumlah armada pesawat yang menyediakan layanan tersebut.

Armada pesawat yang memiliki fitur layanan internet dalam penerbangan ditandai dengan logo WiFi dengan tulisan "WiFi available" di pintu pesawat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Layanan akses WiFi dan jejaring sosial ini sebelumnya juga telah diperkenalkan oleh maskapai Virgin Atlantic yang memberikan akses login Facebook satu kali secara gratis kepada penumpang dalam pesawat Boeing 787 Dreamliner.

Penumpang B787 Dreamliner Virgin bisa berfoto selfie di dalam kabin pesawat, kemudian melakukan check-in, berbagi lokasi, dan upload foto ke Facebook dengan menggunakan WiFi onboard secara gratis dalam penerbangan.

Program yang diberi nama #SkyhighSelfie itu hanya satu dari beberapa layanan Virgin Atlantic dalam rute yang diterbangi pesawat B787 Dreamliner.

Virgin Atlantic bekerjasama dengan Jiffybots, aplikasi Facebook yang memungkinkan penggunanya check-in dan berbagi lokasi, untuk memberikan layanan tersebut.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.