Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Nexus "Android M" Tak Sesuai Tradisi

Kompas.com - 06/07/2015, 09:50 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Di luar kebiasaannya, Google dikabarkan akan langsung merilis dua jenis ponsel Nexus di tahun 2015 ini. Raksasa internet itu sudah memilih dua vendor besar, yakni Huawei dan LG untuk mengerjakan ponsel tersebut.

Akan seperti apa perangkat itu nantinya? Sayangnya, hingga saat ini, Google masih belum mau angkat bicara. Namun, sebuah kabar dari orang dalam ini akan memberikan sedikit gambaran.

Menurut sumber tersebut, seperti KompasTekno rangkum dari Phone Arena, Sabtu (4/7/2015), Nexus buatan LG tidak akan berbasiskan G4, seperti yang telah dirumorkan sebelumnya. Namun demikian, Google dan LG dikatakan mendesain Nexus berikutnya tak sesuai tradisi alias dibangun dari awal, bukan berbasis perangkat yang sudah ada.

Hingga seri Nexus 5 yang lalu, semua perangkat selalu berbasiskan Android flagship buatan sebuah vendor. Nexus One berbasiskan HTC Desire, Nesux S berbasiskan Samsung Galaxy S, Galaxy Nexus merupakan versi modifikasi dari Galaxy S2, Nexus 4 berbasiskan LG Optimus G, dan Nexus 5 merupakan versi modifikasi dari LG G2.

Jika kabar mengenai hal tersebut benar, Google akan mengulang strategi yang sama dengan Nexus 6. Di perangkat itu, Google dan Motorola memang membangun smartphone dari awal, tidak berbasiskan ponsel manapun.

Berdasarkan rumor sebelumnya, saat diproduksi nanti, Nexus dari LG bakal memiliki bentang layar 5,2 inci dan baterai dengan kapasitas sekitar 2.700 mAh.

Perusahaan Korea Selatan itu kemungkinan akan menyematkan prosesor Qualcomm Snapdragon 808 di dalamnya. Prosesor yang dimaksud memiliki enam inti pemrosesan dan saat ini telah digunakan sebagai otak pada LG G4.

Perangkat ini sendiri diprediksi akan berjalan di OS terbaru Google, Android M.

Google memang "menggilir" proyek pembuatan smartphone dan tablet seri Nexus di antara para rekanannya yang memproduksi perangkat Android. Dua smartphone Nexus 5 dan Nexus 6 terakhir, misalnya, masing-masing dibuat oleh LG dan Motorola.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com