Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/07/2015, 10:38 WIB
Oik Yusuf

Penulis

LOMBOK, KOMPAS.com - Bertepatan dengan peresmian dari pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika, hari Senin (6/7/2015) ini operator seluler XL Axiata resmi memulai komersialisasi jaringan 4G LTE tahap ke dua di frekuensi 1.800 MHz.

Acara peresmian digelar di kota Mataram, Lombok, yang dipandang sebagai salah satu basis pengguna XL. "Pangsa lebih dari 85 persen menunjukkan suatu kehormatan bagi XL untuk bisa hadir di sini," ujardan Direktur Service Management XL Ongki Kurniawan dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas Tekno.

Jumlah pelanggan XL di Lombok disebut mencapai 1,5 juta. Sebanyak 1.200 Base Transceiver Station (BTS) milik XL terpancang di kepulauan ini, 14 di antaranya disiapkan untuk layanan 4G di kota Mataram.

Selain XL Axiata, empat operator seluler lain, yakni Telkomsel, Indosat, Smartfren, dan Hutchinson Tri turut meresmikan komersialisasi layanan 4G LTE tahap dua masing-masing dalam waktu bersamaan.

Pihak Kemenkominfo memang mencanangkan peresmian jaringan 4G LTE tahap dua untuk dilakukan secara serentak pada 6 Juli 2015 di lima kota.

Satu kota, yakni Batam (tempat peresmian layanan 4G LTE operator seluler Smartfren) terletak di Indonesia bagian Barat, sementara empat kota lain, yakni Mataram (XL Axiata), Balikpapan (Indosat), Makassar (Telkomsel), dan Banjarmasin (Tri) terletak di wilayah Indonesia Tengah.

Sebelumnya, pada akhir tahun lalu, XL Axiata bersama sejumlah operator seluler lain telah lebih dulu meresmikan komersialisasi layanan 4G LTE di frekunsi 900 MHz. Layanan jaringan berkecepatan tinggi itu digelar di kota Medan, Bogor, dan Yogyakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com