Kompas.com - 06/07/2015, 17:31 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Operator XL Axiata hari ini (6/7/2015) mengumumkan kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk menggelar layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui layanan uang elektronik XL Tunai.

Nantinya, ketika program yang merupakan perluasan dari agenda XmartCity ini mulai digelar bulan depan, warga NTB tak perlu lama mengantri di layanan pembayaran pajak konvensional sehingga menghemat waktu dan lebih efisien.

"Mulai 17 Agustes 2015 mendatang, masyarakat akan bisa membayar pajak kendaraan bermotor lewat XL Tunai. Untuk sekarang kami masih terus menyempurnakan," ujar Kepala Dinas Pendapatan Daerah Provinsi NTB Putu Selly Andayanisaat berbicara dalam acara peluncuran komersialisasi layanan 4G LTE tahap kedua XL Axiata di kota Mataram, Lombok, NTB.

"Kami harap layanan ini akan sampai ke Bima juga, karena Bima juga bagian dari NTB," lanjut Selly.

Untuk memakai layanan pembayaran pajak kendaraan dengan XL Tunai, pelanggan mengakses menu di *123*120#. Setelah memasukkan nomor kendaraan, akan keluar info berapa pajak yang harus dibayar.

Selanjutnya, pelanggan akan mendapat notifikasi SMS, dan dapat mencetak bukti pembayaran pajak di loket-loket yang telah disediakan oleh Dispenda.

Cara ini, menurut Selly, jauh lebih praktis dibandingkan dengan mendatangi pusat layanan pajak konvensional yang waktu operasionalnya terbatas.

Dia berharap metode pembayaran pajak kendaraan dengan XL Tunai akan mendorong masyarakat NTB -termasuk yang tinggal di luar daerah- untuk membayar pajak tepat waktu sehingga meningkatkan pendapatan daerah.

"Dengan XL Tunai, misalnya, pembayaran yang dilakukan pukul 23.59 (sebelum hari batas akhir) pun masih dihitung belum terlambat, sementara layanan mobil pasti sudah tutup pada waktu itu," katanya mencontohkan.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyambut positif kerjasama antara PemProv NTB dengan XL Axiata dalam menyediakan fasilitas pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui uang elektronik.

"Memang, banyak Pemda yang ingin melakukan hal serupa. Hanya saja, saya minta agar caranya berbeda-beda karena masing-masing daerah punya kebutuhan yang berbeda pula," ucap Rudiantara kepada para pejabat publik NTB dan pihak XL Axiata melalui konferensi video dalam acara hari itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.