Nelayan Lombok Melaut dengan Aplikasi Android XL

Kompas.com - 08/07/2015, 09:10 WIB
Act. Chief Digital Service Officer  XL Axiata Yessie D Yosetya memeragakan aplikasi mFish di Mataram, Kamis (26/2/2015). Yoga Hastyadi/KOMPAS.comAct. Chief Digital Service Officer XL Axiata Yessie D Yosetya memeragakan aplikasi mFish di Mataram, Kamis (26/2/2015).
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Sejak pertama diluncurkan Februari lalu, aplikasi mFish dari  operator XL Axiata telah digunakan oleh 250 nelayan di provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Informasi itu disampaikan di sela-sela acara peresmian layanan 4G LTE tahap kedua XL di Mataram, Lombok, NTB, hari Senin (6/7/2015).

“Angka tersebut sudah jauh lebih besar dibandingkan 40 nelayan pada Februari lalu. Ke depan, kami menargetkan mFish sudah dipakai oleh 1.500 nelayan di NTB pada akhir 2015,” ujar GM Corporate Communications Management XL Tri Wahyuningsih saat dijumpai di sela acara.

mFish sendiri adalah aplikasi Android khusus untuk nelayan yang memberikan informasi tentang laut dan ikan. mFish beroperasi menggunakan koneksi data internet hingga 3-4 kilometer dari lepas pantai sesuai jangkauan BTS. Setelah itu ia beralih menggunakan GPS.

Informasi yang disajikan antara lain mencakup keterangan cuaca, peta keberadaan plankton sebagai indikator daerah laut yang banyak menyimpan ikan, harga ikan di pasaran, dan ketinggian ombak.

“Dengan mFish, nelayan Lombok jadi lebih percaya diri melaut. Mereka juga bisa mengetahui arah pulang dengan mFish. Itu penting karena setiap tahun ada banyak nelayan yang hilang karena tak tahu arah pulang,” tambah Wahyuningsih yang biasa dipanggil Ayu.

Tantangan

XL Axiata mengembangkan mFish sebagai wujud sinergi dengan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Kelautan dan Perikanan  serta Kementerian Komunikasi dan Informatika.

XL menyalurkan paket mFish ke nelayan yang terdiri dari keperluan-keperluan untuk memakai smartphone di tengah laut, seperti ponsel, buku panduan pemakaian dan pengisi baterai bertenaga surya (solar charger).

Ayu mengakui pihaknya masih menemuii tantangan berupa upaya edukasi yang mesti dilakukan agar para nelayan bisa memakai aplikasi mFish dengan optimal untuk meningkatkan produktivitas.

“Misalnya saja, dengan menerangkan cara pemakaian yang benar seperti membuka aplikasi saat masih sedang berada di pantai untuk melakukan loading data sebelum berada di luar jangkauan sinyal BTS,” terang Ayu.

Selain provinsi NTB, XL berniat mengembangkan mFish untuk dipakai oleh para nelayan di daerah lain seperti Kendari, Tegal, dan Karimun Jawa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.