Kompas.com - 08/07/2015, 10:41 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

MATARAM, KOMPAS.com - Awal minggu ini, tiga operator seluler secara serentak meresmikan layanan jaringan berkecepatan tinggi 4G LTE tahap ke dua di spektrum 1.800 MHz.

Berapa kecepatan yang bisa didapatkan pelanggan dari layanan 4G LTE ini? Direktur Service Management XL Ongki Kurniawan sedikit memberikan gambaran dalam acara peluncuran layanan 4G LTE tahap ke dua XL di Mataram, Lombok, NTB, Senin (6/7/2015) kemarin.

“Kecepatan maksimal itu sebenarnya tergantung lebar pita frekuensi yang dialokasikan, tapi bisa mencapai kisaran 70 Mbps atau lebih,” kata Ongki.

XL memiliki jatah lebar pita 22,5 MHz di spektrum 1.800 MHz setelah akuisisi Axis dirampungkan tahun lalu. Dari jumlah tersebut, GM Corporate Communications Management XL Tri Wahyuningsih menjelaskan bahwa sebanyak 10-15 MHz dialokasikan untuk  melayani pelanggan 4G LTE XL Axiata.

Alokasi frekuensi yang besarnya bervariasi antar daerah inilah, antara lain, yang menentukan bandwidth maksimum untuk 4G LTE. “Kalau lebarnya 10 MHz, speed-nya bisa sampai 70 Mbps. Nah, kalau 15 MHz, bisa tembus 100 Mbps,” papar wanita yang akrab disapa Ayu ini.

Tinggalkan 900 MHz

Angka-angka di atas lebih besar dibandingkan kecepatan maksimum yang dijanjikan XL Axiata lewat layanan 4G LTE tahap pertamanya di spektrum 900 MHz.

Untuk spektrum 900 MHz, XL Axiata hanya memiliki jatah lebar pita 7,5 MHz. Hanya 5 MHz yang bisa dialokasikan untuk layanan 4G LTE di spektrum itu sehingga secara teoritis kecepatan maksimum yang bisa dihasilkan terbatas di 35 Mbps.

Sebab itulah, menurut Ongki, XL Axiata tak akan mengembangkan lebih jauh cakupan layanan 4G LTE XL di spektrum 900 MHz yang baru tersedia di tiga kota. Untuk pengembangan selanjutnya, XL akan mengedepankan layanan 4G LTE di spektrum 1.800 MHz. 

"Untuk layanan 4G LTE di tiga kota itu pun (Bogor, Medan, dan Yogyakarta) nantinya akan dialihkan dari 900 MHz ke 1.800 MHz,” ujar Ongki.

“Dari awal kami sudah meyakini yang terbaik adalah 1.800 MHz. Ekosistem 4G LTE di seluruh dunia juga kebanyakan memakai frekuensi itu sehingga banyak handset yang mendukung,” imbuhnya. Saat ini, XL Axiata baru mengaktifkan sekitar 200 Base Transciever Station (BTS) 4G LTE di seluruh wilayah Indonesia. Jumlah BTS 4G LTE yang tersedia bervariasi di masing-masing daerah.

Di kota Mataram, Lombok, NTB, yang menjadi lokasi peluncuran layanan 4G LTE tahap kedua XL, misalnya, operator seluler ini mengaktifkan 14 BTS 4G LTE. Sementara di kota Makassar, Sulawesi Selatan, operator seluler ini baru mengoperasikan 1 BTS 4G LTE.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.