Kompas.com - 08/07/2015, 12:45 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Di awal kemunculannya, Apple Watch begitu mendominasi pasar smartwatch di Amerika Serikat. Namun kini, penjualan perangkat itu dikatakan sudah menurun sangat drastis.

Hingga saat ini, Apple memang belum pernah membeberkan angka penjualan dari Watch. Namun, perusahaan analis Slice Intelligence mengklaim telah memiliki data untuk memberikan sedikit gambaran penjualan smartwatch pertama Apple ini.

Pada masa penjualan perdananya di AS, Apple mampu meraih pendapatan besar berkat tingginya penjualan Watch. Pada bulan April, bulan penjualan perdana Watch, perangkat itu dikatakan berhasil terjual 200.000 unit per harinya.

Phone Arena Jumlah penjualan harian Apple Watch menurun tajam
Tingkat penjualan produk baru biasanya memang bakal terus menurun seiring berjalannya waktu. Namun, tingkat pemasaran Apple Watch belakangan ini dikatakan menurun sangat drastis, hingga 90 persen.

Seperti KompasTekno rangkum dari Phone Arena, Rabu (8/7/2015), di Juni 2015, penjualan perangkat tersebut dikatakan hanya mencapai 20.000 unit per harinya.

Masih menurut lembaga analis Slice Intelligence, penjualan Apple Watch didominasi model menengah, yakni Apple Watch Sport. Perangkat itu sendiri memiliki banderol harga 349 dollar AS atau sekitar Rp 4,7 juta.

Sementara itu, Apple Watch yang memiliki tubuh berlapis emas, Edition, baru terjual kurang dari angka 2.000 unit di AS. Memang angkanya terlihat masih sangat sedikit, tetapi melihat banderol harganya, seharusnya Apple sudah mendapatkan untung yang lumayan banyak.

Slice Intelligence mengaku mendapatkan data tersebut dari e-receipt yang diberikan oleh orang yang belanja Apple Watch melalui dunia online. Lembaga tersebut menyatakan ada sekitar 2,5 juta responden yang mengikuti survei.

Data penjualan tersebut memang tidak mungkin 100 persen akurat atau sama dengan data yang dipegang oleh Apple. Namun, setidaknya data itu bisa memberikan sedikit gambaran mengenai penjualan Watch.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.