Microsoft Pecat Eks Nokia, Bagaimana Nasib Windows Phone?

Kompas.com - 09/07/2015, 11:25 WIB
Model memamerkan Lumia 930 dalam acara peluncuran di Jakarta, Kamis (9/10/2014). Oik Yusuf/KOMPAS.comModel memamerkan Lumia 930 dalam acara peluncuran di Jakarta, Kamis (9/10/2014).
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Kabar mengejutkan datang dari kubu Microsoft. Raksasa software tersebut memutuskan untuk mengurangi 7.800 karyawan eks Nokia yang bekerja di divisi handset. Lalu bagaimana nasib smartphone Windows Phone?

Dikutip KompasTekno dari Mashable, Kamis (9/7/2015), Windows Phone akan tetap ada walau Microsoft akan kembali berkonsentrasi ke produk hardware.

Microsoft selama ini telah membuat sistem operasi mobile sekaligus membangun ekosistem perangkatnya, yaitu PC, ponsel, dan tablet, yang semuanya menggunakan kode sistem operasi yang sama.

Sangat konyol bila Microsoft meninggalkan platform mobile, terlebih saat ini hampir semua orang melakukan banyak hal dengan smartphone-nya.

CEO Microsoft Satya Nadella menjelaskan bahwa perusahaan akan terus membuat handset Windows Lumia, tetapi hanya ada tiga tipe, yaitu flagship (unggulan dengan spesifikasi dan harga tinggi), ponsel yang fokus pada bisnis dan menyasar segmen perusahaan besar, serta ponsel low-end murah.

"Mereka mundur dari persaingan mainstream," ujar Martin Reynolds, Vice President Gartner Research. "Mereka tetap menjual ponsel, tetapi tidak seagresif dulu lagi."

Langkah tersebut jelas mengindikasikan bahwa Microsoft memilih strategi fokus ke hal selain ponsel, sebelum ponsel-ponsel Android dan iPhone menguasai pasar lebih besar lagi.

Microsoft juga meninggalkan strategi menawarkan ponsel Lumia yang berbeda-beda untuk masing-masing wilayah dengan strategi yang berbeda pula. Strategi seperti itu disebut Reynolds justru membingungkan konsumen.

Pengurangan tim handset itu juga seolah mempertegas pandangan bahwa untuk membuat ponsel yang bagus, perusahaan tidak butuh tim yang besar, seperti yang selama ini ditunjukkan oleh Xiaomi dan OnePlus.

"Banyak hal berubah beberapa tahun ini, Anda tidak harus memiliki tim yang besar untuk menjalankan bisnis ponsel, mereka tidak butuh tim desain dan manufaktur dalam jumlah besar," ujar Reynolds.

Bagaimanapun, Lumia bakal tetap ada, smartphone tersebut dijadwalkan bakal diluncurkan beberapa bulan setelah debut Windows pada 10 Juli ini, sekaligus menandai peluncuran Windows 10 versi mobile.

Seperti yang dikatakan Nadella dalam suratnya, ponsel tersebut diharapkan akan menjadi faktor pembeda utama dalam ekosistem Windows.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Mashable
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.