Kompas.com - 09/07/2015, 13:05 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Apple resmi merilis layanan streaming Music pada akhir Juni lalu. Tidak lama setelah peluncuran itu, ribuan orang diketahui memutuskan untuk meninggalkan layanan streaming musik lainnya.

Berdasarkan pengamatan dari sebuah lembaga bernama Brandwatch di media sosial Facebook dan Twitter, terlihat ada sekitar 2.500 pengguna yang mengaku meninggalkan Spotify setelah Apple Music dirilis.

Alasan ribuan pengguna tersebut, seperti KompasTekno kutip dari PhoneArena, Rabu (8/7/2015), memang bermacam-macam. Akan tetapi, salah satu yang terbesar, sekitar 40 persen, menyatakan ingin berpindah ke layanan Apple Music.

Beberapa alasan lainnya, dua persen pengguna meninggalkan Spotify karena logo barunya yang tidak sesuai harapan. Data lainnya, sekitar 750 orang meninggalkan Pandora dan hanya sekitar 250 orang yang meninggalkan Tidal, streaming musik buatan rapper Jay Z.

Baik Apple Music, Spotify, Pandora, dan Tidal sebenarnya masih belum mengumumkan secara resmi jumlah pengguna mereka. Semua data yang didapatkan oleh Brandwatch dilakukan langsung di dunia media soial. Masih ada kemungkinan, pengguna yang menyatakan akan meninggalkan layanan tersebut, kembali lagi beberapa menit kemudian.

Apple Music dirilis pada 30 Juni lalu, bersamaan dengan hadirnya pembaruan OS iOS 8.4. Apple Music terletak di dalam aplikasi Music yang sudah didesain ulang dan bisa diaktifkan dengan mendaftarkan diri sebagai anggota.

Selama tiga bulan, layanan Apple Music dapat dinikmati secara gratis. Selanjutnya, ada paket keanggotaan Individual dibanderol Rp 69.000 per bulan sedangkan paket Family (up to 6 members) dibanderol Rp 109.000 per bulan.

Layanan itu sendiri masih lebih murah ketimbang Spotify, yang biaya berlangganannya sebesar 10 dollar AS atau sekitar Rp 130.000 per bulannya.

Selain ada kumpulan lagu, pengguna kini bisa mengakses stasiun radio digital Apple Beats 1. Ada juga fitur Connect yang membuat pengguna bisa mengikuti berbagai informasi terkait penyanyi atau grup musik kesukaan mereka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.