Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah Bukti BlackBerry Bakal Pakai Android?

Kompas.com - 09/07/2015, 14:50 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com — Hingga saat ini, BlackBerry masih belum memberikan konfirmasinya ihwal penggunaan OS Android di perangkatnya. Namun, berdasarkan bukti yang beredar, tampaknya BlackBerry benar-benar akan mewujudkannya.

Salah satu buktinya, perusahaan yang dulu bernama Research In Motion ini sudah mendaftarkan domain dengan nama mengandung kata "Android". Kedua nama domain yang disebut didaftarkan BlackBerry ini, seperti KompasTekno rangkum dari Android Police, Kamis (9/7/2015), adalah AndroidSecured.com dan AndroidSecured.net.

Meskipun demikian, masih terlalu dini untuk menilai bahwa BlackBerry benar-benar akan menggunakan Android. Selama ini, BlackBerry memang secara terang-terangan menggarap beberapa solusi keamanan untuk OS Android.

Bisa saja, kedua domain tersebut didaftarkan untuk mendukung solusi keamanan tersebut. Akan tetapi, tak menutup kemungkinan juga bahwa situs-situs tersebut memang ditujukan untuk memberikan pertanda bahwa BlackBerry benar-benar akan menggunakan OS Android.

Rumor perihal penggunaan OS tersebut muncul beberapa waktu lalu setelah BlackBerry dikatakan sedang mengembangkan perangkat dengan nama kode Venice. Produk ini digosipkan bakal dilengkapi Android dan keyboard fisik bergaya slide. Seperti diketahui, keyboard fisik merupakan salah satu nilai jual dari produk-produk BlackBerry.

BlackBerry Venice sendiri digosipkan bakal memiliki desain fisik yang mirip dengan ponsel cerdas flagship buatan Samsung, Galaxy S6 Edge.

Dari segi apa? Venice dikatakan bakal dilengkapi layar yang sedikit melengkung di kedua sisi layar.

Pihak BlackBerry hingga saat ini masih bungkam akan kepastian smartphone Android yang dibuatnya. John Chen, CEO BlackBerry, tidak menampik sekaligus tidak mengonfirmasi akan hal itu.

"Kami hanya membuat ponsel yang aman, dan BlackBerry adalah ponsel yang paling aman saat ini," ujar Chen.

"Maka dari itu, jika kami bisa membuat (sistem) Android yang aman, tentu saya akan membuatnya (ponsel BlackBerry dengan OS Android)," imbuh Chen.

BlackBerry dikabarkan bakal meluncurkan smartphone BlackBerry Venice pada bulan Agustus mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com