Kompas.com - 10/07/2015, 09:37 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Pasar kamera tangguh jenis action camera di Indonesia diramaikan dengan kehadiran Panasonic HX-A1 yang resmi diluncurkan lewat sebuah acara di Jakarta, Rabu (9/7/2015) kemarin.

HX-A1 memiliki ketahanan terhadap air hingga 1,5 meter tanpa butuh casing tambahan dengan sertifikasi IPX8. Tapi bukan ketangguhan itu yang menjadi sajian utamanya dalam bersaing dengan produk sejenis macam GoPro.

"Kalau action cam dibilang tangguh, ya semua juga tangguh," kata Manager Audio & Digital Imaging Product Marketing Panasonic Gobel Indonesia, Agung Ariefandi saat berbicara dalam acara peluncuran HX-A1.

"Pembeda utama kami adalah Zero Lux, yakni kemampuan merekam gambar bahkan di tengah kegelapan malam," lanjutnya.

Zero Lux adalah mode inframerah khusus yang dibenamkan panasonic pada HX-A1. Saat mode ini aktif, pengguna bisa merekam gambar bahkan dalam kondisi gelap gulita tanpa cahaya sekalipun, namun hasil gambarnya berupa video monokrom ala kamera nightvision.

Oik Yusuf/ Kompas.com Perbedaan hasil rekaman video dalam mode Zero Lux pada saat malam hari (kiri) dan pengambilan gambar biasa

"Untuk mengaktifkan mode ini, pengguna HX-A1 cukup memakai lensa inframerah yang tersedia dalam paket penjualan, serta memasangkannya dengan senter inframerah yang bisa dibeli terpisah dan banyak tersedia di pasaran," ujar Agung sambil mendemonstrasikan kemampuan Zero Lux dalam presentasi.

HX-A1 sendiri memiliki bentuk silinder serupa senter kecil dengan beberapa tombol di tubuhnya. Kamera yang mampu merekam video full-HD (1920x1080) diklaim teringan di kelasnya dengan bobot hanya 45gram.

Untuk melakukan framing gambar, pengguna bisa menyambungkan HX-A1 ke smartphone melalui koneksi Wi-Fi direct. Pembidikan gambar lantas dijalankan lewat layar gadget.

Panasonic HX-A1 dijual seharga Rp 3,5 juta dan telah tersedia di pasaran mulai bulan Juli. Aneka aksesori tambahan seperti headmounting untuk pemakaian kamera di kepala akan menyusul dipasarkan pada Agustus mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.