Kompas.com - 10/07/2015, 12:47 WIB
Aplikasi dalam Windows Phone winbeta.orgAplikasi dalam Windows Phone
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Menyusul PHK 7.800 karyawan Microsoft yang sebagian besar adalah eks karyawan Nokia di divisi handset, Microsoft berencana untuk merampingkan portfolio model smartphone-nya.

Dikutip KompasTekno dari Digital Trends, Jumat (10/7/2015), sumber yang dekat dengan permasalahan ini mengatakan bahwa Microsoft hanya akan membuat tiga tipe perangkat, yaitu ponsel murah, ponsel bisnis-sentris, dan ponsel high-end.

Sumber yang tidak mau disebut namanya itu juga mengatakan bahwa Microsoft hanya akan membuat dua model dari masing-masing kategori smartphone di atas dalam satu tahun. Dengan demikian, jumlah model smartphone yang diproduksi Microsoft dalam setahun tidak akan lebih dari sembilan jenis.

Selain itu, Microsoft juga akan memutuskan kerja samanya dengan operator di pasar yang tidak menguntungkan.

Yang menarik, di tahun 2015 ini Microsoft sudah memiliki enam model smartphone, yaitu Lumia 435, Lumia 532, Lumia 640, Lumia 640 XL, Lumia 430, dan Lumia 540 Dual.

Rumor yang beredar saat ini mengatakan Microsoft masih akan merilis dua smartphone lagi di paruh kedua 2015, yang diberi nama sansi Talkman dan Cityman.

Kedua smartphone itu disebut-sebut memiliki RAM 3GB, layar QHD, kamera 20 megapiksel, dan flash triple-LED.

Untuk Cityman, ponsel tersebut dikabarkan dilengkapi dengan dukungan Continuum dari Windows 10, sehingga bisa berubah dari ponsel menjadi desktop saat dihubungkan dengan sebuah monitor.

Dengan hanya membuat enam model ponsel dalam satu tahun, dan pengurangan sekitar 7.800 karyawan, nampaknya fokus bisnis Microsoft saat ini mulai beralih dari smartphone ke hardware dan software.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.