Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Windows Phone Bakal Makin Jarang Muncul

Kompas.com - 10/07/2015, 12:47 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Menyusul PHK 7.800 karyawan Microsoft yang sebagian besar adalah eks karyawan Nokia di divisi handset, Microsoft berencana untuk merampingkan portfolio model smartphone-nya.

Dikutip KompasTekno dari Digital Trends, Jumat (10/7/2015), sumber yang dekat dengan permasalahan ini mengatakan bahwa Microsoft hanya akan membuat tiga tipe perangkat, yaitu ponsel murah, ponsel bisnis-sentris, dan ponsel high-end.

Sumber yang tidak mau disebut namanya itu juga mengatakan bahwa Microsoft hanya akan membuat dua model dari masing-masing kategori smartphone di atas dalam satu tahun. Dengan demikian, jumlah model smartphone yang diproduksi Microsoft dalam setahun tidak akan lebih dari sembilan jenis.

Selain itu, Microsoft juga akan memutuskan kerja samanya dengan operator di pasar yang tidak menguntungkan.

Yang menarik, di tahun 2015 ini Microsoft sudah memiliki enam model smartphone, yaitu Lumia 435, Lumia 532, Lumia 640, Lumia 640 XL, Lumia 430, dan Lumia 540 Dual.

Rumor yang beredar saat ini mengatakan Microsoft masih akan merilis dua smartphone lagi di paruh kedua 2015, yang diberi nama sansi Talkman dan Cityman.

Kedua smartphone itu disebut-sebut memiliki RAM 3GB, layar QHD, kamera 20 megapiksel, dan flash triple-LED.

Untuk Cityman, ponsel tersebut dikabarkan dilengkapi dengan dukungan Continuum dari Windows 10, sehingga bisa berubah dari ponsel menjadi desktop saat dihubungkan dengan sebuah monitor.

Dengan hanya membuat enam model ponsel dalam satu tahun, dan pengurangan sekitar 7.800 karyawan, nampaknya fokus bisnis Microsoft saat ini mulai beralih dari smartphone ke hardware dan software.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com