Kompas.com - 10/07/2015, 15:09 WIB
YouTube Gaming GoogleYouTube Gaming
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Gamer Swedia, Felix Kjelberg, membuat gempar karena berhasil mengumpulkan duit sebesar 7 juta dollar AS atau lebih dari Rp 90 miliar pada 2014, dengan mengunggah video berisi rekamannya ketika bermain game ke YouTube.

Apa yang dilakukan Kjelberg alias "PewDiePie" sebenarnya merupakan bagian dari sebuah industri besar yang tengah tumbuh besar, yakni streaming rekaman video game ke layanan video sharing seperti YouTube dan Twitch.

Video yang dimaksud bisa berupa rekaman gameplay sebuah game yang diiringi oleh komentar sang pemain, walkthrough atau panduan cara bermain, dan siaran pertandingan game secara live.

Uang mengalir ke kantong gamer melalui iklan yang ditayangkan dalam video, biaya berlangganan, donasi, dan sponsorship.

Dari sisi pembuat game, audiens yang luas bisa dijangkau tanpa perlu mengeluarkan dana marketing yang besar. Feedback mengenai bug atau fitur yang diinginkan dari sebuah game juga bisa diperoleh dari pemirsa.

Berkembang

Sejak pertama mulai mengemuka pada 2012, pasar sekunder yang lahir sebagai turunan industri video game ini berkembang dengan cepat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Laporan dari firma riset SuperData yang dirangkum Kompas Tekno dari Cnet menyebutkan bahwa bisnis streaming video game kini bernilai 3,8 miliar dollar AS secara global. Jumlah pemirsanya mencapai 480 juta orang di seluruh dunia.

Klip video YouTube yang berkaitan dengan 10 franchise video terpopuler diputar (view) sebanyak 81 miliar kali pada 2014. Sebanyak 30 miliar di antaranya disumbang oleh game Minecraft, sedangkan pendapatan terbesar diraih oleh game League of Legends dengan 1,3 miliar dollar AS.

Felix "PewDiePie" Kjelberg adalah salah satu figur gamer populer di YouTube yang dikenal dengan banyolan dan reaksi spontannya saat bermain.

Dia memiliki 37 juta subscriber di YouTube, lebih banyak dibanding penyanyi Taylor Swift atau One Direction sekalipun.

YouTube belakangan berupaya mengapitalisasi tren ini dengan memperkenalkan situs dan aplikasi YouTube khusus untuk video dari game.

Layanan yang dimiliki oleh Google ini memiliki pangsa viewer terbesar sebanyak 72 persen. Namun, layanan serupa, Twitch, yang dimiliki oleh Amazon, menghasilkan lebih banyak uang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.