Awas Terjebak 1.000 iPhone 6 Gratis di WhatsApp

Kompas.com - 10/07/2015, 16:34 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Dalam dua hari belakangan ini, tersebar sebuah pesan berantai di WhatsApp. Pesan tersebut menyatakan bahwa ada 1.000 iPhone 6 gratis yang disediakan Apple sebagai perayaan pembukaan toko ke 1.000.

Untuk lengkapnya, pesan tersebut berbunyi seperti ini, "Have you heared about Apple's 1000th store? They are giving 1000 iPhone 6 for free for the grand opening. You can check it here: http://m.bbcmobilenews.com/applein/free-iphone6. The offer it's still available"

Apabila diterjemahkan, kira-kira artinya seperti ini. Apple bakal memberikan secara gratis 1.000 iPhone 6 dalam pembukaan Apple Store terbarunya. Penerima pesan diminta untuk mengklik tautan berita yang ada.

Namun, tentunya pengguna sama sekali tidak akan mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan iPhone 6. Malahan, pengguna bisa saja tertipu untuk mengisi sebuah survei.

Uniknya, apabila tautan tersebut diklik melalui komputer, korban hanya akan dibawa ke situs Google Rumania. Tautan tersebut hanya akan membawa pengguna ke situs tipuan di perangkat smartphone.

Seperti KompasTekno kutip dari keterangan pers Vaksincom, Jumat (10/7/2015), pengguna smartphone akan dihadapkan dengan desain situs yang sangat menarik saat mengklik tautan tersebut. Akan ada sebuah video singkat antrean di toko yang diperkirakan Apple Store, untuk membuat para korban percaya bahwa tautan terserbut benar-benar buatan Apple.

Hebatnya lagi, tampilan situs kelihatannya sudah didesain untuk menyesuaikan isinya dengan profil pengaksesnya. Jika pengaksesnya dari Indonesia maka bahasa yang ditampilkan adalah Bahasa Indonesia dengan situs yang dipersiapkan bernama bbc.livenewsindonesia.com. Sebagai catatan, jika diakses dari komputer biasa, maka situs yang akan ditampilkan adalah bbcmobilenews.com.

Setelah itu, korban akan ditanyakan tiga pertanyaan mudah. Jadi hanya dengan menjawab 3 pertanyaan mudah, pengakses situs dijanjikan akan mendapatkan iPhone 6.

Setelah pertanyaan sudah dijawab, korban akan mendapatkan tampilan animasi seakan-akan server sedang memproses jawaban. Sebenarnya tidak ada server yang memproses jawaban. Pasalnya, tidak mungkin server harus sampai bekerja keras memproses tiga jawaban tersebut.

Anda tidak perlu pusing memikirkan jawaban atas semua pertanyaan tersebut karena apapun jawaban yang diklik, baik benar maupun salah, tetap akan dinyatakan sebagai pemenang.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.