Kompas.com - 11/07/2015, 15:33 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Gadget-gadget, seperti smartphone dan tablet memiliki dua masalah klasik yang sampai kini belum terpecahkan. Masalh tersebut adalah seringkali "lemot" dan baterainya cepat habis, tak peduli berapa harganya atau teknologi apa yang dipakainya.

Kini, sebuah penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa di University of Korea diharapkan mampu mengatasi masalah tersebut.

Penelitian yang dikepalai oleh profesor You-jip Won itu menghasilkan teknologi yang disebut dengan WALDIO atau Write Ahead Logging Direct IO.

WALDIO bisa dijadikan sebagai sebuah mode dalam smartphone atau peranti gadget lain, yang bisa memperpanjang umur baterai dan mempercepat kinerja smartphone dengan cara meminimalisir jumlah data yang disimpan perangkat.

"Inti dari teknologi baru ini adalah merekam data sekecil mungkin," ujar profesor Won seperti dikutip KompasTekno dari Business Korea, Jumat (10/7/2015).

"Dengan teknologi ini, memori flash murah juga bisa dipakai dalam waktu lama, layaknya pakai memori flash mahal," imbuh Won.

Memori flash memang mudah rusak jika terlalu lama dipakai untuk menyimpan dan menghapus data berulang-ulang.

Won dan timnya mengklaim dengan menjalankan mode WALDIO, maka perangkat hanya akan menyimpan data yang dibutuhkan saja, sehinga gadget jadi lebih cepat 20 kali dan baterainya lebih hemat 39 persen.

Belum diketahui apakah WALDIO akan dirilis untuk publik atau tidak. Belum diketahui juga apakah teknologi itu bisa dipasang di gadget-gadget yang beredar saat ini atau tidak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.