Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diperbarui, WhatsApp Web Makin Mirip Versi Ponsel

Kompas.com - 12/07/2015, 10:31 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com – WhatsApp diam-diam mengeluarkan pembaruan untuk aplikasi web atau desktop miliknya. Bentuknya berupa tambahan fitur pengaturan yang membuat pengguna bisa lebih mudah mengubah macam-macam hal cukup dari browser di PC, tanpa harus mengeluarkan ponsel dan membuka aplikasi WhatsApp.

Misalnya dalam hal foto profil. Pengguna kini cukup klik foto profil miliknya di WhatsApp Web, maka akan muncul pilihan untuk update status, menggunakan kamera laptop untuk memotret foto baru atau menghapus dan mengunggah foto baru.

The Next Web Menu pengaturan baru pada Whatsapp Web

Dirangkum KompasTekno dari The Next Web, Sabtu (11/7/2015), pengguna juga bisa menghapus dan mengarsipkan obrolan dengan temannya langsung dari aplikasi web tersebut. Bukan itu saja, obrolan grup juga bisa diperlakukan serupa, namun dengan tambahan pilihan Mute serta Leave Group Chat.

Pembaruan lain dapat ditemukan dalam panel Contact Info dan Group Info. Kini di bagian bawah masing-masing panel itu ada tombol merah besar bertuliskan Delete Chat atau Exit Group.

Dengan adanya fitur-fitur tersebut, WhatsApp Web jadi semakin mirip dengan aplikasi ponselnya. Hal demikian mempermudah pengguna karena bisa melakukan berbagai pengaturan tanpa harus mengeluarkan ponsel dari kantong.

Hal menariknya, semua fitur yang ditambahkan ke WhatsApp Web dilengkapi dengan tombol keyboard shortcut. Khusus untuk shortcut, tampaknya WhatsApp mengeluarkannya secara bertahap karena ada ada juga orang yang belum mendapatkannya.

Pembaruan ini adalah perubahan terbesar WhatsApp Web sejak diluncurkan ke publik enam bulan lalu. Sebelumnya hanya ada perubahan-perubahan kecil saja, seperti tambahan pilihan warna untuk emoticon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com