Google Turut Rayakan Hari Jadi ke-40 Monas

Kompas.com - 12/07/2015, 16:01 WIB
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com- Selamat ulang tahun Monumen Nasional (Monas) yang ke-40! Di hari spesial ikon andalan Kota Jakarta ini, Google pun turut merayakan dengan membuat doodle Monas.

Saat membuka laman Google, mesin pencari tersebut akan menunjukkan tiga kotak. Yang pertama mencerminkan awal mula pembangunan Monas pada 17 Agustus 1961, atau bertepatan dengan perayaan hari kemerdekaan Indonesia.

Selanjutnya, di kotak kedua, Google memperlihatkan gambaran Monas yang hampir jadi. Lalu, di kotak terakhir, diperlihatkan gambaran Monas yang sudah kokoh seperti hari ini.

Warna doodle dibuat kalem dengan perpaduan warna pokok biru langit dan merah senja. Saat mengklik doodle, kamu akan ditautkan ke berbagai informasi tentang Monas.

Misalnya, waktu pengerjaan Monas, sejarah pendirian Monas, dan filosofi di balik monumen bersejarah tersebut.

Diketahui, doodle Monas dibuat oleh ilustrator Kevin Laughin. Sebelumnya, doodle Laughin sudah beberapa kali digunakan Google untuk merayakan hari spesial. Karya-karyanya bisa dilihat di sini.

Selain merayakan hari jadi Monas, Google sudah beberapa kali membuat doodle dengan tema menyangkut Indonesia, termasuk untuk merayakan hari kemerdekaan 17 Agustus secara rutin tiap tahun sejak 2009. Daftar doodle selengkapnya bisa dilihat di tautan berikut.

Jika kamu ingin mengetahui sejarah nasional lanjut, termasuk tentang Monas, kamu juga bisa mengunjungi Museum Nasional Indonesia secara virtual ke laman Google Cultural Institute.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.