Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Turut Rayakan Hari Jadi ke-40 Monas

Kompas.com - 12/07/2015, 16:01 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Selamat ulang tahun Monumen Nasional (Monas) yang ke-40! Di hari spesial ikon andalan Kota Jakarta ini, Google pun turut merayakan dengan membuat doodle Monas.

Saat membuka laman Google, mesin pencari tersebut akan menunjukkan tiga kotak. Yang pertama mencerminkan awal mula pembangunan Monas pada 17 Agustus 1961, atau bertepatan dengan perayaan hari kemerdekaan Indonesia.

Selanjutnya, di kotak kedua, Google memperlihatkan gambaran Monas yang hampir jadi. Lalu, di kotak terakhir, diperlihatkan gambaran Monas yang sudah kokoh seperti hari ini.

Warna doodle dibuat kalem dengan perpaduan warna pokok biru langit dan merah senja. Saat mengklik doodle, kamu akan ditautkan ke berbagai informasi tentang Monas.

Misalnya, waktu pengerjaan Monas, sejarah pendirian Monas, dan filosofi di balik monumen bersejarah tersebut.

Diketahui, doodle Monas dibuat oleh ilustrator Kevin Laughin. Sebelumnya, doodle Laughin sudah beberapa kali digunakan Google untuk merayakan hari spesial. Karya-karyanya bisa dilihat di sini.

Selain merayakan hari jadi Monas, Google sudah beberapa kali membuat doodle dengan tema menyangkut Indonesia, termasuk untuk merayakan hari kemerdekaan 17 Agustus secara rutin tiap tahun sejak 2009. Daftar doodle selengkapnya bisa dilihat di tautan berikut.

Jika kamu ingin mengetahui sejarah nasional lanjut, termasuk tentang Monas, kamu juga bisa mengunjungi Museum Nasional Indonesia secara virtual ke laman Google Cultural Institute.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com