Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Silaturahim di Era Teknologi: Smartphone Ideal untuk Abadikan Momen

Silaturahim di Era Teknologi: Smartphone Ideal untuk Abadikan Momen

Kompas.com - 14/07/2015, 16:57 WIB

Tim Redaksi

Dalam satu dekade perkembangan kamera pada telepon genggam berkembang sangat signifikan. Mungkin masih teringat di pikiran kita ketika pertama kali handphone berkamera diluncurkan, saat itu resolusi kamera pada telepon genggam masih VGA atau seukuran 640x480 piksel, namun saat itu teknologi perekam momen ini dianggap sesuatu yang spektakuler.

Saat ini keunggulan teknologi smartphone membuatnya mampu dijejali kamera dengan resolusi megapiksel. Bahkan, dalam dua tahun ini bisa dibilang resolusi kamera smartphone berhenti dan berkembang di angka 13 megapiksel walaupun beberapa smartphone high-end  berukuran kamera diatasnya.

Bukan karena kendala teknologi, tapi untuk saat ini resolusi 13 megapiksel dianggap ukuran ideal untuk mampu memenuhi kebutuhan pengguna dari kualitas foto dan kemudahan untuk di-upload, karena kapasitas file rata-rata tidak melebihi 5MB. Tapi, bukan berarti vendor smartphone tidak melakukan optimasi dari segi lain.

Beberapa optimasi dilakukan diantaranya penggunaan ukuran sensor CMOS lebih besar untuk mengurangi noise, pengelola grafis lebih cepat untuk pengalaman fotografi lebih baik, ataupun menyematkan fitur image stabilization untuk mengurangi efek negatif goyangan (shake) saat memotret agar foto dihasilkan lebih tajam. 

Selain itu, fitur kamera pada umumnya menjadi salah satu pertimbangan calon pembeli sebelum memutuskan untuk membeli. Karena hal tersebut vendor smartphone berlomba-lomba melengkapi produknya dengan fitur-fitur kamera baru untuk pengalaman fotografi lebih menarik.

Namun, ada juga vendor smartphone yang merancang antarmuka kamera lebih sederhana, namun tetap memberi kesan fotografi yang lebih profesional. Antarmuka kamera R7 dirancang agar cukup mudah untuk dipelajari bahkan untuk awam sekalipun tapi juga bisa menambahkan banyak fitur-fitur yang menarik.

Di Hari Raya Idul Fitri nanti pastinya Anda tak ingin melewatkan momen spesial bersama keluarga. OPPO R7 mampu mengabadikan tiap momen dengan menghasilkan warna yang lebih terang sehingga gambaran lebih jernih dibandingkan dengan objek aslinya. OPPO R7 juga menyediakan pilihan “Camera Shop” dengan belasan mode pemotretan yang bisa ditambahkan atau dihapus dari menu kamera, sehingga user bisa dengan bebas menambahkan mode pemotretan yang diperlukan saja. Software kamera pun tidak terlalu mengkompres piksel, sehingga terjadinya blur berlebihan antar piksel bisa dihindari, dan tentunya detail foto pun lebih tajam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com