Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Bakal Punya Layanan Asisten Virtual "Beneran"

Kompas.com - 16/07/2015, 10:46 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber ENGADGET
KOMPAS.com - Asisten digital Siri dan Cortana bakal mendapatkan pesaing berat. Menurut kabar yang beredar, raksasa sosial media Facebook telah mengembangkan produk asisten pribadi virtual sendiri yang memiliki nama kode "Moneypenny".

Hingga saat ini, informasi ihwal fitur baru ini memang masih sangat sedikit. Situs The Information mengaku telah mendapat sekelumit informasi mengenai Moneypenny.

Seperti KompasTekno kutip dari Engadget, Selasa (14/7/2015), fitur tersebut dikatakan tidak akan berdiri sendiri. Ia nantinya akan tergabung dengan aplikasi Messenger milik Facebook.

Selain itu, Moneypenny dikatakan bakal sedikit berbeda dari Siri dan Cortana. Kedua fitur tersebut bekerja dengan mengandalkan server. Dalam artian, semua pertanyaan yang diajukan pengguna diproses langsung di server milik Apple dan Microsoft.

Nah, untuk Moneypenny, Facebook dikatakan akan mengandalkan orang nyata, bukan mesin. Nantinya, pengguna bisa meminta orang tersebut untuk melakukan riset terhadap pertanyaan yang diberikan. Pengguna juga dapat meminta orang tersebut untuk berbelanja.

Jika informasi tersebut benar, layanan asisten milik Facebook itu tampaknya bakal sedikit meniru aplikasi YesBoss dan Magic. Kedua aplikasi tersebut dapat membuat pengguna memiliki pesuruh yang bisa diminta untuk mencari semua yang diperlukan.

Meski begitu, fungsi yang ditawarkan oleh YesBoss dan Magic masih lebih luas karena tidak hanya untuk melakukan riset dan berbelanja saja.

Fungsi aplikasi Messenger milik Facebook memang telah meluas, tidak hanya bisa digunakan untuk kegiatan chatting saja. Kini, aplikasi tersebut sudah bisa dimanfaatkan untuk mengirim uang dan juga dihubungkan ke aplikasi pihak ketiga.

Facebook masih belum berkomentar terkait rumor Moneypenny. Masih belum diketahui kapan ia bakal bisa digunakan oleh pengguna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com