Facebook Bakal Punya Layanan Asisten Virtual "Beneran"

Kompas.com - 16/07/2015, 10:46 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Asisten digital Siri dan Cortana bakal mendapatkan pesaing berat. Menurut kabar yang beredar, raksasa sosial media Facebook telah mengembangkan produk asisten pribadi virtual sendiri yang memiliki nama kode "Moneypenny".

Hingga saat ini, informasi ihwal fitur baru ini memang masih sangat sedikit. Situs The Information mengaku telah mendapat sekelumit informasi mengenai Moneypenny.

Seperti KompasTekno kutip dari Engadget, Selasa (14/7/2015), fitur tersebut dikatakan tidak akan berdiri sendiri. Ia nantinya akan tergabung dengan aplikasi Messenger milik Facebook.

Selain itu, Moneypenny dikatakan bakal sedikit berbeda dari Siri dan Cortana. Kedua fitur tersebut bekerja dengan mengandalkan server. Dalam artian, semua pertanyaan yang diajukan pengguna diproses langsung di server milik Apple dan Microsoft.

Nah, untuk Moneypenny, Facebook dikatakan akan mengandalkan orang nyata, bukan mesin. Nantinya, pengguna bisa meminta orang tersebut untuk melakukan riset terhadap pertanyaan yang diberikan. Pengguna juga dapat meminta orang tersebut untuk berbelanja.

Jika informasi tersebut benar, layanan asisten milik Facebook itu tampaknya bakal sedikit meniru aplikasi YesBoss dan Magic. Kedua aplikasi tersebut dapat membuat pengguna memiliki pesuruh yang bisa diminta untuk mencari semua yang diperlukan.

Meski begitu, fungsi yang ditawarkan oleh YesBoss dan Magic masih lebih luas karena tidak hanya untuk melakukan riset dan berbelanja saja.

Fungsi aplikasi Messenger milik Facebook memang telah meluas, tidak hanya bisa digunakan untuk kegiatan chatting saja. Kini, aplikasi tersebut sudah bisa dimanfaatkan untuk mengirim uang dan juga dihubungkan ke aplikasi pihak ketiga.

Facebook masih belum berkomentar terkait rumor Moneypenny. Masih belum diketahui kapan ia bakal bisa digunakan oleh pengguna.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber ENGADGET

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.