Kapan YouTube Tanpa Iklan Bisa Dinikmati?

Kompas.com - 17/07/2015, 10:59 WIB
YouTube sudah menandatangani kesepakatan dengan perusahaan rekaman besar. BBCYouTube sudah menandatangani kesepakatan dengan perusahaan rekaman besar.
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Fitur Music Key milik YouTube bakal segera keluar dari masa beta. Fitur yang mengizinkan pengguna untuk streaming video musik tanpa harus melihat iklan tersebut dikatakan akan hadir sebelum tahun 2015 ini berakhir.

"Berdasarkan umpan balik, rencananya Music Key akan dirilis pada tahun ini juga," ujar Susan Wojcicki, CEO YouTube, seperti KompasTekno kutip dari Business Insider, Selasa (14/7/2015). Sayangnya, Wojcicki tidak menyebut secara pasti kapan layanan tersebut bakal dirilis.

Fitur Music Key sebenarnya sudah dirilis pada November 2014 lalu. Akan tetapi, hanya pengguna tertentu saja yang diundang untuk mencoba layanan tersebut.

Fitur ini sendiri mengizinkan pengguna untuk menonton video musik tanpa harus melihat iklan. Selain bebas iklan, pengguna dapat menikmati video secara offline dari aplikasi YouTube.

Pengguna juga dapat menjalankan aplikasi tersebut di background saat menjalankan aplikasi lai. Biasanya, apabila pengguna berpindah ke aplikasi lain, aplikasi YouTube akan secara otomatis ditutup. Video akan berhenti diputar.

Layanan itu sendiri dikatakan akan dijual dengan harga 10 dollar AS atau sekitar Rp 130.000. Di awal kemunculannya lalu, ia bisa didapatkan dengan harga promosi 8 dollar AS.

Belakangan ini, perusahaan teknologi AS banyak yang merilis aplikasi streaming musik, seperti Apple Music, Spotify, dan Tidal. Menurut Wojcicki, layanan Music Key tersebut tidak ditujukkan untuk melawan aplikasi-aplikasi tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"YouTube memiliki koleksi musik yang luar biasa. Ia sedikit berbeda ketimbang Apple/Spotify. Musik dan tujuannya berbeda. Kami memiliki video musik," katanya.

"Jadi pengalamannya mengenai "bisa melihat artist kesukaan Anda memainkan sebuah musik," tambahnya.

Belum ada informasi kapan YouTube Music Key akan tersedia secara global, termasuk Indonesia.

Sebagai catatan, YouTube hanya menarik iuran untuk layanan premium Music Key. Jadi, pengguna di Indonesia tak perlu khawatir karena video-video di YouTube tetap bisa ditonton secara gratis.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.