Kompas.com - 19/07/2015, 14:18 WIB
Head of Brand Communications Tri, Andi Djoenardi Djoewarsa. Yoga Hastyadi/KOMPAS.comHead of Brand Communications Tri, Andi Djoenardi Djoewarsa.
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Semua layanan yang ada di jaringan operator seluler 3 (Tri) mengalami peningkatan pada hari Lebaran Idul Fitri 1436 H. Layanan yang mengalami peningkatan terbesar adalah data, dengan peningkatan sebesar 126 persen ketimbang Lebaran 2014.

Sementara itu, jika dibandingkan dengan hari biasa, terjadi lonjakan data sebesar 22 persen.

Meskipun banyak pelanggan mulai menggunakan pesan OTT yang memberikan kontribusi terhadap peningkatan signifikan trafik data, trafik SMS dan suara masih meningkat masing-masing sebesar 12 persen dan 3 persen dibandingkan tahun lalu.  

Meski mengalami banyak peningkatan untuk urusan traffic, Tri mengklaim telah berhasil melayani pelanggan tanpa adanya kendala yang berarti.

Peningkatan trafik sendiri perlahan menurun tepat di hari Lebaran. Berdasarkan pola trafik tahun lalu,  peningkatan trafik akan kembali terjadi pada beberapa hari kemudian. Peningkatakan trafik terjadi di kota kota kunjungan mudik di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sumatera.
 
Menjelang Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini, Tri telah mempersiapkan seluruh infrastruktur dan kapasitas jaringan agar pelanggan Tri dapat dengan nyaman berkomunikasi, khususnya di kota-kota yang menjadi tujuan mudik dan wisata.

Untuk layanan data, Tri telah meningkatkan kapasitas jaringan untuk mampu menampung lonjakan trafik data hingga 30 persen.

Sementara untuk layanan telepon dan SMS, jaringan Tri mampu menampung lonjakan hingga 300 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk hari biasa diluar Ramadhan, trafik data yang ditampung oleh jaringan Tri mencapai lebih dari 1.200 TB (Terabyte) per hari.

Tri juga telah melakukan peningkatan kualitas jaringan di sepanjang jalur pantura, jalur selatan, dan jalur penghubung lainnya. Sementara itu, untuk antisipasi lonjakan trafik pada saat puncak mudik, peningkatan kapasitas juga telah dilakukan di ruang dan fasilitas umum seperti terminal dan pelabuhan, bandara udara, dan stasiun kereta api. Peningkatan kapasitas jaringan juga didukung oleh penambahan 20 mobile BTS disepanjang jalur mudik di pulau Jawa.

Tri telah memperluas cakupan jaringan secara nasional, yang diperkuat oleh 37.676 unit BTS terdiri atas 17.069 BTS 3G  dan 20.607 BTS 2G (per Q1 2015) yang telah LTE ready. Sinyal Tri telah melayani 86 persen penduduk Indonesia, dinikmati oleh 54.8 juta pelanggannya (per Q1 2015) yang 52 persen di antaranya adalah pelanggan data bergerak.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.