Diminta Isi Daya, Siri Malah Telepon Polisi

Kompas.com - 21/07/2015, 10:41 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorOik Yusuf
KOMPAS.com - Asisten virtual Siri punya banyak fitur yang menarik. Namun, siapa sangka, ia akan melakukan hal yang di luar perkiraan saat diminta untuk mengisi daya iPhone hingga 100 persen.

Saat pengguna iPhone berkata "charge my phone 100 percent", seperti KompasTekno rangkum dari The Verge, Minggu (19/7/2015), Siri tidak akan mencoba untuk mengisi daya.

Malahan, secara otomatis ia akan menelepon ke layanan darurat 911, memberikan waktu selama 5 detik jika pengguna ingin membatalkannya.

Sekadar informasi, di AS, nomor tersebut merupakan nomor darurat yang bisa dihubungi jika ada masalah terhadap keamanan masyarakat. Nomor ini, misalnya, biasa dipakai untuk memanggil polisi dan ambulans.

Menurut dugaan The Verge, kemungkinan Siri bereaksi terhadap kata "phone" dan "100 percent". Saat berkata "phone", Siri memang bersiap untuk menelepon nomor yang akan diberikan pengguna.

Di sini letak keanehannya, saat pengguna mengucapkan kata "100 percent", Siri malah menghubungkan pengguna ke nomor 911. Saat dicoba menggunakan kata lain seperti "560 percent", Siri menghubungkan iPhone ke nomor telepon 560.

Boleh jadi hal ini merupakan bug dalam OS iOS dari Apple. Tapi masih belum ada tanggapan dari Apple mengenai kemungkinan tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.